Page 139 - Cakrawala Pendidikan
P. 139
Pendidikan: Hakikat ...
fase ini adalah dapat menyelesaikan produk dalam bentuk final
sebelum batas waktu selesainya proyek. Dengan demikian kontrol
terhadap waktu perlu dilakukan secara cermat.
Implementasi
Tujuan dari implementasi adalah menguji prototipe. Sejauh mana
prototipe ini baik dan dapat diterapkan lebih lanjut ?
Pada fase ini prototipe benar-benar diimplementasikan. Hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam implementasi ini adalah audience
atau responden harus sesuai dengan tujuan dan kondisi harus
dibuat sedemikian rupa sehingga tercipta suasana yang akrab dan
tidak tegang,
Kontrol
Kontrol mengacu pada proses membandingkan apakah hasil
implementasi sesuai dengan hasil yang diharapkan. Kemudian
menilai pula apakah implementasi yang dilakukan cocok dengan
rencana atau bahkan menyimpang dari apa yang telah
direncanakan.
Disamping itu perlu ditinjau apakah semua fase berjalan sesuai
dengan sekedul yang direncanakan proyek.
Progress check adalah salah satu kegiatan yang paling baik untuk
dilaksanakan dalam kontrol. Kontrol yang dilakukan secara efektif,
secara tidak langsung dapat membina personal untuk melakukan
kebiasaan dalam memiliki kemampuan memonitor dan mengontrol
dirinya sendiri atau pekerjaannya sendiri. Dengan kata lain setiap
personal di dalam organisasi dapat melakukan supervisi kecil dan
langsung terhadap diri sendiri, pekeqaan dan lingkungan kerja.
Jika pada fase ini telah dihasilkan data atau dokumen, data atau
dokumen tersebut dapat menjadi masukan sebagai bahan
perhitungan dan penilaian tentang performa kerja.
Efisiensi dan Efektifitas
Fungsi manajemen perlu memperhatikan masalah efisiensi dan
efektifitas program maupun proyek yang dikembangkan dalam
bidang pendidikan.
129