Page 139 - Cakrawala Pendidikan
P. 139

Pendidikan: Hakikat  ...


        fase  ini  adalah  dapat  menyelesaikan  produk  dalam  bentuk  final
        sebelum  batas  waktu  selesainya  proyek.  Dengan  demikian  kontrol
        terhadap waktu perlu dilakukan secara cermat.
        Implementasi

        Tujuan  dari  implementasi  adalah  menguji  prototipe.  Sejauh  mana
        prototipe ini baik dan dapat diterapkan lebih lanjut ?

        Pada  fase  ini  prototipe  benar-benar  diimplementasikan.  Hal-hal
        yang  perlu  diperhatikan  dalam  implementasi  ini  adalah  audience
        atau  responden  harus  sesuai  dengan  tujuan  dan  kondisi  harus
        dibuat sedemikian  rupa  sehingga tercipta  suasana yang  akrab dan
        tidak tegang,
        Kontrol
        Kontrol  mengacu  pada  proses  membandingkan  apakah  hasil
        implementasi  sesuai  dengan  hasil  yang  diharapkan.  Kemudian
        menilai  pula  apakah  implementasi  yang  dilakukan  cocok  dengan
        rencana  atau  bahkan  menyimpang  dari  apa  yang  telah
        direncanakan.

        Disamping  itu  perlu  ditinjau  apakah  semua  fase  berjalan  sesuai
        dengan sekedul yang direncanakan proyek.
        Progress check adalah  salah satu kegiatan  yang  paling  baik untuk
        dilaksanakan  dalam  kontrol.  Kontrol  yang  dilakukan  secara efektif,
        secara  tidak  langsung  dapat  membina  personal  untuk  melakukan
        kebiasaan  dalam  memiliki  kemampuan  memonitor dan  mengontrol
        dirinya  sendiri  atau  pekerjaannya  sendiri.  Dengan  kata  lain  setiap
        personal  di  dalam organisasi  dapat melakukan  supervisi  kecil  dan
        langsung terhadap diri sendiri, pekeqaan dan lingkungan kerja.
        Jika  pada  fase  ini  telah  dihasilkan  data  atau  dokumen,  data  atau
        dokumen  tersebut  dapat  menjadi  masukan  sebagai  bahan
        perhitungan dan penilaian tentang performa kerja.
        Efisiensi dan Efektifitas

        Fungsi  manajemen  perlu  memperhatikan  masalah  efisiensi  dan
        efektifitas  program  maupun  proyek  yang  dikembangkan  dalam
        bidang pendidikan.



                                                                 129
   134   135   136   137   138   139   140   141   142   143   144