Page 135 - Cakrawala Pendidikan
P. 135
Pendidikan: Hakikat ...
Manajemen
Fungsi manajemen merupakan salah satu aspek yang terintegrasi
di dalam sistem pendidikan. Para ahli dalam bidang pendidikan
menempatkan fungsi manajemen di berbagai komponen. Dalam
teknologi instruksional fungsi manajemen berintegrasi pula pada
pelaksanaan kontrol melalui perencanaan, koordinasi dan
supervisi.
Bidang pendidikan secara operasional mengenal dua istilah, yaitu
program dan proyek. Dalam pelaksanaannya kedua hal tersebut
tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Dengan kata lain
fungsi manajemen dijalankan sejalan dengan pelaksanaan
program maupun proyek.
Program biasanya mempunyai misi, dalam pelaksanaannya
cenderung mempunyai waktu yang cukup panjang, dan terdiri dari
berbagai macam proyek. Sedangkan proyek lebih spesifik, dalam
pelaksanaannya memiliki waktu yang terbatas, dan menghasilkan
produk, baik berupa paket maupun jasa pelayanan. Sebagai
contoh; paket program CAl, Bahan Ajar, Laporan Evaluasi, Media
NV dan sebagainya. Pelaksanaan proyek dilakukan di awal satu
kegiatan dan berakhir apabila satu kegiatan tersebut selesai. Hasil
yang diinginkan juga cukup jelas, berupa produk, jasa pelayanan
atau kemampuan tertentu. Adapun program merupakan kumpulan
dari beberapa kegiatan yang sistematis dan berhubungan, sebagai
upaya secara terus-menerus untuk mencapai misi tertentu. Berikut
ini akan dibahas mengenai langkah-langkah operasional program
maupun proyek yang dikembangkan secara sistematis, yang
berkaitan dengan fungsi manajemen bidang pendidikan.
Proyek dalam bidang pendidikan memiliki lima fase. Kelima fase
tersebut adalah sebagai langkah yang perlu dilakukan dalam
mengembangkan suatu proyek. Secara berurutan fase tersebut
terdiri dari analisis - desain - pengembangan - implementasi -
kontrol. Sebagaimana proyek, program juga terdiri dari lima fungsi,
yaitu analisis - perencanaan- staf- kepemimpinan - kontrol.
125