Page 130 - Cakrawala Pendidikan
P. 130

Atwi           dkk

         1987),  Analisis  Lingkungan  (Tesmer,  1990),  Analisis  Adopsi
         (Farquhar  dan  Surry,  1994),  dan  Model  Teknologi  lmperatif
         (Schneberger dan Jost, 1994  ).
                                      TUJUAN
                              Perubahan Sistemik   Pemanfaatan Produk
          F
                                   (Makro)             (Mikro)
          I                                     Terfokus pada proses
                             Terfokus pada struktur
          L     Pengembang   dan pemantapan     perancangan,
                                                pengembangan dan
          s      (Determinis)   !  kerangka organisasi   1  penilaian produk
                            ! yang efektif
          A                                     instruksional yang efektif
          F   :              Terfokus pada sosial,   Terfokus pada kebutuhan
                  Adopter
                             politis dan lingkungan   dan opini dari calon
          A     (lnstrumentalis)   profesional dalam   adopter dan karakterislik
          T  I               organisasi         lingkungan adopsi
                            •
              Bagan 1: Teori Difusi dilihat dari Tujuan dan  Filsafatnya
         SelanJutnya,  faktor-faktor penting  yang  mempengaruhi  proses  dan
         hasil  kegiatan  difusi  inovasi  menurut  Rogers  adalah  karakteristik
         inovas1   itu   sendiri,   bagaimana   informasi  tentang   inovasi
         dikomunikasikan, waktu dan sifat dari sistem sosial di mana inovasi
         diperkenalkan.  Oleh  karena  itu  bagi  orang  yang  berperan  sebagai
         agen  pembaharuan  di  bidang  teknologi  pendidikan  harus
         menguasai teori-teori difusi dan  faktor-faktor penting  lainnya dalam
         difusi.
         Masih menurut Surry & Farquhar,  mempelajari teori difusi berguna
         bagi  ahli  teknologi  pendidikan  karena  alasan-alasan  sebagai
         berikut.  Pertama,  ahli  teknologi  pendidikan  tidak  memahami
         mengapa  produk  mereka  tidak  diadopsi.  Penyebab-penyebab
         kegagalan  difusi  menjadi  misteri  bagi  mereka.  Dengan  memahami
         berbagai  faktor  yang  mempengaruhi  difusi  inovasi,  mereka  akan
         mampu  menJelaskan,  meramalkan  dan  memperhitungkan  faktor-
         faktor yang  menghambat atau menunjang proses difusi dari produk
         mereka.  Kedua,  teknologi pendidikan itu sendiri merupakan bidang
         yang  didasarkan atas  inovasi.  Banyak produk yang  dihasilkan oleh
         teknologi  pendidikan  merupakan  inovasi  yang  radikal  baik  dalam
         bentuk,  organisasi,  urutan  dan  metode  pengajaran.  Ketiga,
         mempelajari teori difusi dapat membimbing kepada pengembangan



         120
   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135