Page 130 - Cakrawala Pendidikan
P. 130
Atwi dkk
1987), Analisis Lingkungan (Tesmer, 1990), Analisis Adopsi
(Farquhar dan Surry, 1994), dan Model Teknologi lmperatif
(Schneberger dan Jost, 1994 ).
TUJUAN
Perubahan Sistemik Pemanfaatan Produk
F
(Makro) (Mikro)
I Terfokus pada proses
Terfokus pada struktur
L Pengembang dan pemantapan perancangan,
pengembangan dan
s (Determinis) ! kerangka organisasi 1 penilaian produk
! yang efektif
A instruksional yang efektif
F : Terfokus pada sosial, Terfokus pada kebutuhan
Adopter
politis dan lingkungan dan opini dari calon
A (lnstrumentalis) profesional dalam adopter dan karakterislik
T I organisasi lingkungan adopsi
•
Bagan 1: Teori Difusi dilihat dari Tujuan dan Filsafatnya
SelanJutnya, faktor-faktor penting yang mempengaruhi proses dan
hasil kegiatan difusi inovasi menurut Rogers adalah karakteristik
inovas1 itu sendiri, bagaimana informasi tentang inovasi
dikomunikasikan, waktu dan sifat dari sistem sosial di mana inovasi
diperkenalkan. Oleh karena itu bagi orang yang berperan sebagai
agen pembaharuan di bidang teknologi pendidikan harus
menguasai teori-teori difusi dan faktor-faktor penting lainnya dalam
difusi.
Masih menurut Surry & Farquhar, mempelajari teori difusi berguna
bagi ahli teknologi pendidikan karena alasan-alasan sebagai
berikut. Pertama, ahli teknologi pendidikan tidak memahami
mengapa produk mereka tidak diadopsi. Penyebab-penyebab
kegagalan difusi menjadi misteri bagi mereka. Dengan memahami
berbagai faktor yang mempengaruhi difusi inovasi, mereka akan
mampu menJelaskan, meramalkan dan memperhitungkan faktor-
faktor yang menghambat atau menunjang proses difusi dari produk
mereka. Kedua, teknologi pendidikan itu sendiri merupakan bidang
yang didasarkan atas inovasi. Banyak produk yang dihasilkan oleh
teknologi pendidikan merupakan inovasi yang radikal baik dalam
bentuk, organisasi, urutan dan metode pengajaran. Ketiga,
mempelajari teori difusi dapat membimbing kepada pengembangan
120