Page 128 - Cakrawala Pendidikan
P. 128

Atwi           dkk

              mungkin.  lnformasi  cetak  juga  merupakan  salah  satu  cara
              untuk menciptakan  kesadaran-pengetahuan.  Untuk mengajak
              orang  bergerak  maju  ke  tahap  minat,  diperlukan  strategi
              komunikasi  yang  lebih  ampuh.  Agen  bisa  meminta  bantuan
              atau  memberikan demonstrasi.  Salah satu cara  meningkatkan
              minat  adalah  mengajak  klien  untuk  mengunjungi  proyek  dan
              mengkaji  bahan-bahan  yang  sedang  dikembangkan.  Jika
              agen  pembaharuan  ingin  mendorong  difusi  melalui  tahap
              mencoba,  maka  perlu  melibatkan  calon  yang  berpotensi
              menjadi  pengguna  dalam;  "focus  group",  evaluasi  formatif,
              dan perencanaan implementasi.

         e.   Sistem  Sosial.  Perlu  diingat  bahwa  komunikasi  terjadi  dalam
             suatu struktur sistem sosial.  Hal ini berarti bahwa ada jaringan
             (network)   di   mana   komunikasi   bisa   terjadi.   Agen
             pembaharuan  memerlukan  dukungan  dari  pemimpin  opini
             (opinion  leader).  Oleh  karena  itu  agen  pembaharuan  harus
             berkomunikasi  dengan  pemimpin  opini,  yaitu  orang  yang
             memiliki  pengaruh dan  kredibilitas untuk mempengaruhi orang
             lain agar menerima inovasi.

         Selanjutnya  apabila  seseorang  ingin  benar-benar  berperan  dalam
         menggerakkan  terjadinya  proses  difusi,  maka  ia  harus  memiliki
         sejumlah  keterampilan.  Menu rut  Schiffman  ( 1995)  keterampilan-
         keterampilan  difusi  meliputi  kemampuan  dalam;  membangun
         hubungan  baik  (relationship),  mendiagnosis,  menemukan  sumber,
         memilih  jalan  keluar  atau  solusi,  mendapatkan  penerimaan,  dan
         meningkatkan  kemampuan  untuk  menyempurnakan  diri  (self
         renewal).  Keterampilan-keterampilan  tersebut  diperlukan  untuk
         mengatasi  hambatan-hambatan  dalam  proses  difusi.  Hambatan-
         hambatan  difusi  yang  biasanya  dihadapi  oleh  ahli  teknologi
         pendidikan  adalah  berasal  dari;  tradisi  budaya,  keengganan
         mengambil    resiko,   kurangnya   pengetahuan,   kurangnya
         penenmaan    oleh   pengguna,   biaya,   dan   isu-isu   tentang
         infrastru  ktu r.
         Selain  memiliki  keterampilan  seorang  agen  pembaharuan  juga
         harus menguasai teori-teori difusi. Teori difusi inovasi telah terbukti
         berguna untuk meningkatkan adopsi suatu ide atau  produk inovatif,



         118
   123   124   125   126   127   128   129   130   131   132   133