Page 123 - Cakrawala Pendidikan
P. 123

Pendidikan: Teori ...

       Komunikasi Melalui Komputer (Computer-mediated
       Communication)
       Dari  1970-an  sampai  dengan  1993  jejaring  komputer  (computer
       network)  telah  menyebar  ke  seluruh  dunia  sehingga  diperkirakan
       ada 20 juta orang yang berkomunikasi mengenai pendidikan, bisnis
       dan  rekreasi  lewat  jaringan  ini.  Ke  semuanya  ini  terjadi  karena
       pertumbuhan  yang  pesat  dari  jejaring  komunikasi,  kemudahan
       akses  melalui  telepon  atau  modem,  dan  makin  banyak  personal
       komputer  yang  dimiliki  oleh  perusahaan  atau  perorangan  karena
       harga  unit  komputer makin  terjangkau.  Pertukaran  informasi  yang
       dimungkinkan  karena  adanya  perangkat  lunak  pada  jejaring
       komputer  ini  biasanya  berbentuk  email  (electronic  mail),  group
       conferencing  dan  sistem  pesan   interaktif,  database  dan
       pembelajaran  berbantuan  komputer.  Komunikasi  lewat  jejaring
       komputer ini disebut sistem on-line.

       Kuliah  pertama  yang  ditawarkan  secara  on-line  dilakukan  tahun
       1984.  Sistem  komunikasi  on-line  ini  merupakan  lingkungan  belajar
       yang  memiliki  ciri  sebagai  berikut:  a)  para  peserta terpisah  waktu
       dan  tempat  sehingga  komunikasi  dapat  dillakukan  secara
       tertunda-tidak  perlu  segera;  b)  dapat  melibatkan  kelompok  atau
       individu;  c)  interaktif-di  mana  peserta  dapat  mengubah  isi
       informasi  jika  perlu;  d)  dapat  menghubungkan  berbagai  lokasi
       sekaligus baik lokal,  regional maupun  internasional; e) kebanyakan
       informasi  berbentuk  teks,  walaupun  ada  juga  yang  berbentuk
       audio,  video atau gambar; f)  komunikasi yang  ditimbulkan biasanya
       terstruktur.
       Komunikasi dengan sistem on-line ini cocok untuk siswa yang telah
       mampu  mengarahkan  dirinya  sendiri,  senang  berkelompok,
       mampu  dibidang  teknik  serta  memiliki  motivasi  diri  tinggi.
       Lingkungan  belajar  yang  cocok  untuk  on-line  sistem  ini  adalah
       kuliah  seminar  untuk  kelas  yang  lebih  tinggi;  ukuran  kelas  yang
       dapat  dikelola,  siswa  sudah  cukup  kenai  dengan  isi  yang  akan
       dibahas, dan hubungan pengajar dan siswa yang lebih dekat.
       Untuk  keberhasilan  penerapan  on-line  sistem  ini  pada  tingkat
       perguruan  tinggi  diperlukan  perhatian  pada  akses  terhadap
       teknologi  ini,  bagaimana  membuat  penggguna  baru  menerapkan



                                                                113
   118   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128