Page 118 - Cakrawala Pendidikan
P. 118
AtwiSupannan,dkk
merupakan kendaraan kosong yang dapat digunakan untuk
membawa dan menyampaikan informasi. Siswa perlu memiliki
peralatan yang wajib yang dijalankan dengan sistem
pengoperasian internal. Pada bab ini hanya akan dibicarakan
beberapa strategi penyampaian bahan ajar.
Bahan Ajar Modular
Sebuah modul adalah satu unit materi kurikulum yang lengkap
sebagai bahan ajar. Kepada unit modul ini dapat ditambahkan unit-
unit materi lain untuk tujuan yang lebih kompleks atau jauh. Sistem
ini berasal dari sistem kuliah pendek pada tingkat perguruan tinggi
atau pendidikan profesi. Saat ini sistem modular ini diterapkan
pada semua tingkat pendidikan dan pelatihan dalam berbagai
bentuk. Ada dua pendekatan dalam mengembangkan bahan ajar
modular ini. Pendekatan pertama diperuntukkan bagi matakuliah
yang sudah mapan. Matakuliah ini dipecah menjadi unit-unit kecil
yang akan digunakan secara berurutan seperti tempat pijak untuk
menuju kepada pemahaman isi matakuliah tersebut secara
keseluruhan. Pendekatan yang kedua adalah dengan
memperlakukan para siswa sebagai fokus perhatian. Kepada
mereka seolah-olah disediakan sejumlah besar modul yang
menguraikan berbagai topik, sehingga dapat dikembangkan
menjadi berbagai program sesuai dengan kebutuhan masing-
masing siswa.
Pendekatan modular ini memperhatikan tujuan yang membangun
suatu kurikulum. Pendekatan seperti ini menggabungkan fokus
internal dari suatu topik pembelajaran dan penyesuaian akan
kebutuhan, sehingga menjadi bahan pembelajaran yang menarik
baik bagi pengajar maupun bagi siswa. Untuk program pendidikan
formal, program modular ini tentu saja harus disertai petunjuk yang
jelas, pembimbingan atau tutorial serta pencatatan kemajuan dan
prestasi siswa.
Model Belajar Tuntas (Mastery Learning)
Strategi belajar tuntas ini menarik sejak tahun 1970-an. Strategi ini
telah diterapkan di seluruh dunia. Hasil penelitian mengenai
program belajar tuntas ini membuktikan bahwa proses belajar
108