Page 117 - Cakrawala Pendidikan
P. 117

Teknologi Pendidikan: Teori ...


          dapat  ditujukan  baik  untuk  satu  siswa/learner  secara  individual
          ataupun  untuk  banyak  siswa  seperti  dalam  kelas.  Bagian  utama
          dari perancangan program pembelajaran adalah untuk menentukan
          bagaimana  cara  yang  paling  efektif  untuk  menyampaikan
          pembelajaran itu.
          Terdapat  beragam  strategi  yang  biasa  digunakan  oleh  para
          profesional  di  bidang  teknologi  pendidikan  untuk  penyampaian
          pembelajaran.  Seperti  telah  kita  ketahui  bersama,  teknologi
          pendidikan  adalah  suatu  proses  pemecahan  masalah  yang
          bertujuan  untuk  merancang,  mengembangkan,  mengevaluasi  dan
          menerapkan  pemecahan  untuk  berbagai  masalah  pendidikan,
          terutama  yang  berhubungan  dengan  belajar  dan  mengajar.
          Pemecahan  masalah  pendidikan  ini  bermacam-macam  formatnya.
          Ada  yang  berbentuk  suatu  rencana  untuk  restrukturisasi  suatu
          sistem  pendidikan;  suatu  kurikulum  untuk  suatu  program  studi,
          fakultas  atau  sekolah;  serta  berbagai  produk  seperti  matakuliah,
          presentasi  materi  belajar  dengan  menggunakan  media  tertentu
          atau  suatu  sumber belajar.  Bentuk  lain  misalnya  berbagai  proses
          atau  prosedur,  seperti prosedur untuk menyampaikan umpan  balik
          atau  suatu  job  aid.  Ada  beberapa  kategori  cara  penyampaian
          materi  pembelajaran  yang  sering  digunakan  oleh  profesional
          teknologi  pendidikan  yang  ke  semuanya  merupakan  usaha  untuk
          menciptakan komunikasi antara pengajar dan siswa.
          Kategori  itu  adalah  strategi,  teknik,  materi  atau  media,  peralatan
          atau  perangkat  keras  (hardware).  Strategi  adalah  rencana
          pembelajaran yang  mengikuti suatu  prinsip dasar belajar mengajar
          berdasarkan  hasil  studi  teoritis  atau  empiris.  Strategi  umumnya
          ditujukan  lebih  kepada  siswa  secara  individual  daripada  kepada
          pengajar.  Teknik  atau  metode  adalah  prosedur  yang  digunakan
          dalam  proses  pembelajaran,  yang  terfokus  pada  pendekatan-
          pendekatan  yang  telah  divalidasi,  untuk  memperbaiki  proses
          belajar  mengajar.  Materi  atau  media  adalah  kendaraan  yang
          membawa materi belajar dan dirancang untuk dimanfaatkan dalam
          strategi dan teknik yang disebut di  muka.  Kadang-kadang  untuk ini
          digunakan  istilah  perangkat  lunak  (Software).  Peralatan  atau
          perangkat  keras  biasanya  mefiputi  baik  peralatannya  sendiri
          maupun  petunjuk  cara  pengoperasiannya.  Peralatannya  sendiri




                                                                   107
   112   113   114   115   116   117   118   119   120   121   122