Page 112 - Cakrawala Pendidikan
P. 112

AtwiSupannan,dkk


        Upaya-upaya  diseminasi  penerapan  desain  instruksional  yang
        dilakukan  oleh  PAU-PPAI-UT tidak  terbatas  hanya  pada  khalayak
        perguruan tinggi negeri saja,  tetapi juga kepada  lembaga-lembaga
        pendidikan  dan  latihan  di  departemen  maupun  non  departemen,
        perguruan tinggi kedinasan, dan perguruan tinggi swasta di seluruh
        Indonesia,  serta  dunia  usaha/bisnis  dan  industri.  Bentuk  upaya
        deseminasi  tersebut  adalah  pelatihan-pelatihan  dan  proses
        pengembangan serta jasa konsultansi.


        Model &  Pemanfaatan Media Pembelajaran
        Perkembangan  teknologi  komunikasi  yang  berlangsung  sangat
        pesat  telah   mengubah   cara   pandang   terhadap   proses
        pembelajaran.  Berlangsungnya  proses  pembelajaran  tidak  lagi
        mutlak  bergantung  kepada  tersedianya  nara  sumber,  tempat  dan
        waktu  belajar.  Ketersediaan  beragam  media,  baik  berupa
        perangkat  lunak  maupun  perangkat  keras,  telah  memungkinkan
        proses  pembelajaran  bertangsung  sesuai  dengan  kebutuhan
        individu (learner).  Akses terhadap informasi dan  ilmu  pengetahuan
        menjadi  semakin  meluas  bersamaan  dengan  berkembangnya
        teknologi komunikasi.
        Ada  empat  model  interaksi  pembelajaran  yang  menggambarkan
        pemanfaatan  medium  sebagaimana  dikemukakan  oleh  Jonassen,
        dkk. (1991).
        Keempat model tersebut yaitu:
        Model I    Proses  pembelajaran  pada  tempat  dan  waktu  yang
                   sama (same time/same place instruction).

        Model II   Proses  pembelajaran  pada  waktu  yang  sama  namun
                   pada  tempat  yang  berbeda  (same  time/different place
                   instruction).
        Modellll   Proses  pembelajaran  pada  waktu  yang  berbeda,
                   namun  berada  pada  tempat  yang  sama  (the  different
                   time/same place instruction).
        Model IV   Proses  pembelajaran  berlangsung  pada  waktu  dan
                   tempat  yang  berbeda  (different  time/different  place
                   instruction).



        102
   107   108   109   110   111   112   113   114   115   116   117