Page 107 - Cakrawala Pendidikan
P. 107
Teknologi Pendidikan: Teori ...
demikian, proses instruksional harus bersifat adaptif,
memanfaatkan teknologi yang tepat, dan mengimplementasikan
strategi konstruktivisme.
Berdasarkan perkembangan-perkembangan yang ada dan dari
berbagai bidang, maka adalah suatu keharusan bagi desain
instruksional untuk selalu berubah dan berkembang. Namun
demikian, perkembangan dari segi teori maupun aplikasi dalam
desain instruksional menjadi sia-sia dan tak bermanfaat, jika
tatanan sistem di mana desain instruksional berada tidak berubah
dan berkembang. Dengan demikian, perubahan yang terjadi dalam
desain instruksional sebagai komponen dari sistem instruksional
perlu diikuti oleh perubahan tatanan sistem instruksional secara
menyeluruh dan sinergis, atau disebut sebagai perubahan
sistemik. Hal ini tidak hanya berarti dalam jenjang proses
instruksional saja, tetapi juga berlaku secara trickle-up pada
jenjang administrasi institusi pendidikan, bahkan sampai pada
jenjang kebijakan pemerintah.
Model-model Desain lnstruksional
Model desain instruksional mulai populer pada tahun 1960-an.
Model desain instruksional berfungsi sebagai panduan
pelaksanaan (resep) bagi praktisi pendidikan, yaitu instruktur,
dosen, atau guru. Model desain instruksional terdiri dari
seperangkat langkah-langkah atau prosedur yang diperlukan untuk
merancang proses instruksional yang efektif, efisien, dan relevan.
Secara umum, model desain instruksional dapat digunakan dalam
perencanaan dan pengelolaan proyek pengembangan program
instruksional, sebagai alat komunikasi antara ahli desain
instruksional dengan praktisi, ahli materi, maupun siswa, dan alat
bantu pengambilan keputusan dalam hal organisasi dan struktur
materi, serta kegiatan instruksional.
Model desain instruksional berkembang sejalan dengan
perkembangan bidang ilmu yang melandasinya, perubahan praktek
di lapangan, serta kemajuan teknologi (terutama teknologi
informasi). Dalam empat dasawarsa, telah banyak model desain
instruksional dihasilkan oleh para ahli desain instruksional, secara
individual maupun lembaga. Perubahan dan perkembangan yang
97