Page 107 - Cakrawala Pendidikan
P. 107

Teknologi Pendidikan: Teori ...


        demikian,   proses   instruksional   harus   bersifat   adaptif,
        memanfaatkan  teknologi  yang  tepat,  dan  mengimplementasikan
        strategi konstruktivisme.
        Berdasarkan  perkembangan-perkembangan  yang  ada  dan  dari
        berbagai  bidang,  maka  adalah  suatu  keharusan  bagi  desain
        instruksional  untuk  selalu  berubah  dan  berkembang.  Namun
        demikian,  perkembangan  dari  segi  teori  maupun  aplikasi  dalam
        desain  instruksional  menjadi  sia-sia  dan  tak  bermanfaat,  jika
        tatanan  sistem  di  mana  desain  instruksional  berada  tidak  berubah
        dan berkembang.  Dengan demikian,  perubahan yang terjadi dalam
        desain  instruksional  sebagai  komponen  dari  sistem  instruksional
        perlu  diikuti  oleh  perubahan  tatanan  sistem  instruksional  secara
        menyeluruh  dan  sinergis,  atau  disebut  sebagai  perubahan
        sistemik.  Hal  ini  tidak  hanya  berarti  dalam  jenjang  proses
        instruksional  saja,  tetapi  juga  berlaku  secara  trickle-up  pada
        jenjang  administrasi  institusi  pendidikan,  bahkan  sampai  pada
        jenjang kebijakan pemerintah.

        Model-model Desain lnstruksional
        Model  desain  instruksional  mulai  populer  pada  tahun  1960-an.
        Model    desain   instruksional   berfungsi   sebagai   panduan
        pelaksanaan  (resep)  bagi  praktisi  pendidikan,  yaitu  instruktur,
        dosen,  atau  guru.  Model  desain  instruksional  terdiri  dari
        seperangkat langkah-langkah  atau  prosedur yang  diperlukan  untuk
        merancang  proses  instruksional  yang  efektif,  efisien,  dan  relevan.
        Secara  umum,  model  desain  instruksional dapat digunakan  dalam
        perencanaan  dan  pengelolaan  proyek  pengembangan  program
        instruksional,  sebagai  alat  komunikasi  antara  ahli  desain
        instruksional  dengan  praktisi,  ahli  materi,  maupun  siswa,  dan  alat
        bantu  pengambilan  keputusan  dalam  hal  organisasi  dan  struktur
        materi, serta kegiatan instruksional.

        Model   desain   instruksional   berkembang   sejalan   dengan
        perkembangan bidang ilmu yang  melandasinya, perubahan praktek
        di  lapangan,  serta  kemajuan  teknologi  (terutama  teknologi
        informasi).  Dalam  empat  dasawarsa,  telah  banyak  model  desain
        instruksional dihasilkan  oleh  para  ahli  desain  instruksional,  secara
        individual  maupun  lembaga.  Perubahan  dan  perkembangan  yang



                                                                  97
   102   103   104   105   106   107   108   109   110   111   112