Page 105 - Cakrawala Pendidikan
P. 105

ingin  dicapai  melalui  proses  instruksional,  meliputi  efektivitas  dan
       efisiensi  proses  instruksional,  serta  aspek  kualitas  proses
       instruksional berdasarkan persepsi siswa (kepuasan,  kemenarikan,
       dll.).  Sementara  kondisi  instruksional  terdiri  dari  beberapa  aspek
       yang  menjadi  persyaratan  intrinsik bagi  proses  instruksional untuk
       dapat  berjalan  dengan  baik  dan  berhasil,  yaitu  karakteristik  dan
       perilaku  siswa,  jenjang  pencapaian  belajar  yang  diharapkan,
       lingkungan  belajar,  sarana  dan  prasarana  belajar,  serta  sumber
       bela jar.
       Desain  instruksional  berkembang  sejalan  dengan  perkembangan
       praktis dan teori dalam bidang desain instruksional sendiri, maupun
       perkembangan teknologi  informasi,  serta  perkembangan teori-teori
       lain yang  mempengaruhinya.  Dalam era globalisasi ini,  perubahan
       dalam dunia  bisnis  menunjukkan  arah  dari  proses  produksi masal
       menjadi  produksi  berdasarkan  kebutuhan  pengguna,  perubahan
       dalam  dunia  pemasaran  menjelaskan  strategi  pemasaran  masal
       yang  sudah  digantikan  dengan  strategi  segmentasi  pasar
       (targeting).  Seiring dengan hal tsb. proses pendidikan pun berubah
       dari   pendidikan   masal   menjadi   pendidikan   yang   lebih
       "personalized"  atau "individualized'  berdasarkan  kebutuhan  siswa.
       Sementara  itu,  cara-cara  kreatif  dan  inovatif  serta  beragam  alat
       yang  dapat  membantu  proses  instruksional  semakin  banyak,
       sehingga  ahli  desain  instruksional,  guru,  dan  dosen,   memiliki
       keleluasaan  untuk  memilih  beragam  cara  dan  alat  yang  dapat
       digunakan   untuk   memberikan    pembelajaran   yang   lebih
       "personalized'  dan  "individualized'  berdasarkan  kebutuhan  siswa.
       Hal  ini  menekankan  semakin  pentingnya  peran  ahli  desain
       instruksional  untuk  membuat  resep-resep  proses  instruksional
       untuk dilaksanakan oleh guru dan dosen.
       Sehubungan  dengan  perkembangan  tersebut.  teori  desain
       instruksional  juga  mulai  menerima  pengaruh-pengaruh  dari
       beberapa  teori  atau  perkembangan  ilmu  yang  baru,  misalnya
       strategi  adaptif  (adaptive  strategies),  teknologi  baru,  strategi
       konstruktivisme,  proses  instruksional  minimalis,  dan  perubahan
       sistemik.
       Strategi  adaptif  menjadi  kata  kunci  dalam  teori  desain
       instruksional pada  masa globalisasi.  Hal  ini  terjadi  seiring  dengan



                                                                 95
   100   101   102   103   104   105   106   107   108   109   110