Page 105 - Cakrawala Pendidikan
P. 105
ingin dicapai melalui proses instruksional, meliputi efektivitas dan
efisiensi proses instruksional, serta aspek kualitas proses
instruksional berdasarkan persepsi siswa (kepuasan, kemenarikan,
dll.). Sementara kondisi instruksional terdiri dari beberapa aspek
yang menjadi persyaratan intrinsik bagi proses instruksional untuk
dapat berjalan dengan baik dan berhasil, yaitu karakteristik dan
perilaku siswa, jenjang pencapaian belajar yang diharapkan,
lingkungan belajar, sarana dan prasarana belajar, serta sumber
bela jar.
Desain instruksional berkembang sejalan dengan perkembangan
praktis dan teori dalam bidang desain instruksional sendiri, maupun
perkembangan teknologi informasi, serta perkembangan teori-teori
lain yang mempengaruhinya. Dalam era globalisasi ini, perubahan
dalam dunia bisnis menunjukkan arah dari proses produksi masal
menjadi produksi berdasarkan kebutuhan pengguna, perubahan
dalam dunia pemasaran menjelaskan strategi pemasaran masal
yang sudah digantikan dengan strategi segmentasi pasar
(targeting). Seiring dengan hal tsb. proses pendidikan pun berubah
dari pendidikan masal menjadi pendidikan yang lebih
"personalized" atau "individualized' berdasarkan kebutuhan siswa.
Sementara itu, cara-cara kreatif dan inovatif serta beragam alat
yang dapat membantu proses instruksional semakin banyak,
sehingga ahli desain instruksional, guru, dan dosen, memiliki
keleluasaan untuk memilih beragam cara dan alat yang dapat
digunakan untuk memberikan pembelajaran yang lebih
"personalized' dan "individualized' berdasarkan kebutuhan siswa.
Hal ini menekankan semakin pentingnya peran ahli desain
instruksional untuk membuat resep-resep proses instruksional
untuk dilaksanakan oleh guru dan dosen.
Sehubungan dengan perkembangan tersebut. teori desain
instruksional juga mulai menerima pengaruh-pengaruh dari
beberapa teori atau perkembangan ilmu yang baru, misalnya
strategi adaptif (adaptive strategies), teknologi baru, strategi
konstruktivisme, proses instruksional minimalis, dan perubahan
sistemik.
Strategi adaptif menjadi kata kunci dalam teori desain
instruksional pada masa globalisasi. Hal ini terjadi seiring dengan
95