Page 109 - Cakrawala Pendidikan
P. 109

Model yang berfokus pada produk
       Model-model  desain  instruksional  yang  berfokus  pada  produk
       memiliki  orientasi  pada  pengembangan  paket-paket  produk
       instruksional  untuk  kelompok  siswa  yang  khusus,  atau  untuk
       keperluan  komersial,  misalnya  model  Romiszowski  (1981 ),  Van
       Patten  (1989},  Bergman  dan  Moore  (1990).  Sejauh  ini,  model-
       model  tsb.  lebih  berlandaskan  pada  pengembangan  produk  cetak
       (print-based),  namun  demikian,  akhir-akhir  ini  model  desain
       instruksional yang  berlandaskan  pada  pengembangan produk non-
       cetak (technology-based)  menjadi semakin  populer seiring  dengan
       perkembangan  teknologi.  Hasil  yang  diperoleh  dari  model  ini
       biasanya  merupakan  paket-paket  bahan  belajar  mandiri  yang
       dikembangkan  berdasarkan  hasil  analisis  yang  intensif  dan
       memerlukan sumberdaya yang cukup.

       Model yang berfokus pada sistem instruksional
       Model-model  desain  instruksional  yang  berfokus  pada  sistem
       instruksional  banyak  memiliki  persamaan  dengan  model-model
       yang  berfokus pada produk.  Perbedaan yang  utama terletak pada
       ruang  lingkup  upaya  perancangan.  Model  yang  berfokus  pada
       produk  memiliki  ruang  lingkup  desain  hanya  satu  produk  (paket)
       per upaya desain,  misalnya  desain  mata  kuliah,  desain bahan ajar
       pelatihan.  Sementara  itu,   model  yang  berfokus  pada  sistem
       memiliki  ruang  lingkup  yang  meliputi  beragam  produk  yang
       dirancang  pada  saat  bersamaan  untuk  membentuk  suatu  sistem,
       misalnya  desain  program  studi,  desain  sistem  akademik.  Model
       yang  berfokus  pada  sistem  mempersyaratkan  analisis  yang
       intensif,  alokasi  sumberdaya  yang  ekstensif,  ujicoba  yang
       terkontrol,   dan   perbaikan   yang   berkesinambungan,   serta
       diseminasi  yang  terencana.  Contoh  model  desain  instruksional
       yang  berfokus  pad a  sistem  adalah  model  Briggs  et  al.  ( 1991 ),
       Gagne et al.  (1992),  Dick dan Carey (1996).

       Penerapan Desain Instruksional
       Penerapan  desain  instruksional  di  Indonesia  dimulai  sekitar  awal
       tahun  1970-an.  Pada  awalnya,  penerapan  desain  instruksional
       dilakukan  oleh  ahli-ahli  desain  instruksional  melalui  diseminasi



                                                                 99
   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114