Page 114 - Cakrawala Pendidikan
P. 114

Atwi Suparman, dkk


        Keterbatasan yang  ada pada medium overhead transparansi yaitu:
        a.   efektivitas   penggunaannya   sangat   tergantung   pada
            kemampuan penyaji (presenter)
        b.   tidak dapat dipergunakan untuk keperluan study independen.
        Jenis  medium  lain  yang  dapat  digunakan  pada  aktivitas
        pembelajaran  tatap  muka  yaitu  medium  slide  suara.  Medium  ini
        mampu  menampilkan pesan dalam kombinasi  antara gambar diam
       dan  suara  (audio).  Unsur  fotografis  dalam  medium  slide  mampu
       membuat penyampaian  pesan  dan informasi menjadi  lebih  realistik
       dan  sistimatis.  Namun demikian,  medium ini  lebih  kompleks  (rumit)
       penggunaannya  jika  dibandingkan  dengan  penggunaan  overhead
       transparansi.

       Model II
       Model  II  dapat  diklasifikasikan  dalam  dua  kategori  pembelajaran
       yaitu:
       •    lnteraksi   pembelajaran   dengan   menggunakan   media
            telekomunikasi.  Dalam  interaksi  jenis  ini  dua  pihak  yang
            melakukan  interaksi  dapat  berkomunikasi  secara  simultan,
            namun terpisah oleh jarak dan faktor geografis.

       •    lnteraksi   dengan   menggunakan   media   non   interaktif
            merupakan  kategori  lain  dari  Model  II.  Contoh  interaksi  jenis
            ini  yaitu  siaran  program  radio  dan  program  televisi  secara
            terbuka (open broadcast).

        Media  telekomunikasi  merupakan  medium  yang  memiliki  potensi
        cukup  besar  untuk  digunakan  sebagai  medium  komunikasi  dua
        arah.  Medium  ini  mampu  mengatasi  hambatan  ruang  dan  waktu
        dalam  melakukan  interaksi  pembelajaran.  Contoh  media  yang
        digunakan dalam interaksi ini adalah telepon dan faksimili.
        Penggunaan  telepon  dan  faksimili  dapat  membuat  orang  secara
        aktif.  Proses pembelajaran akan menjadi lebih efektif karena  siswa
        atau  individu   terlibat  interaksi  belajar  didalamnya.  Telepon  dan
        faksimili  memberi  kemungkinan  bagi  dua  pihak  yang  melakukan
        interkasi  dapat  memperoleh  umpan  balik  (feedback)  yang  segera.
        Umpan  balik  dapat  digunakan  sebagai  indikator  keberhasilan



        104
   109   110   111   112   113   114   115   116   117   118   119