Page 114 - Cakrawala Pendidikan
P. 114
Atwi Suparman, dkk
Keterbatasan yang ada pada medium overhead transparansi yaitu:
a. efektivitas penggunaannya sangat tergantung pada
kemampuan penyaji (presenter)
b. tidak dapat dipergunakan untuk keperluan study independen.
Jenis medium lain yang dapat digunakan pada aktivitas
pembelajaran tatap muka yaitu medium slide suara. Medium ini
mampu menampilkan pesan dalam kombinasi antara gambar diam
dan suara (audio). Unsur fotografis dalam medium slide mampu
membuat penyampaian pesan dan informasi menjadi lebih realistik
dan sistimatis. Namun demikian, medium ini lebih kompleks (rumit)
penggunaannya jika dibandingkan dengan penggunaan overhead
transparansi.
Model II
Model II dapat diklasifikasikan dalam dua kategori pembelajaran
yaitu:
• lnteraksi pembelajaran dengan menggunakan media
telekomunikasi. Dalam interaksi jenis ini dua pihak yang
melakukan interaksi dapat berkomunikasi secara simultan,
namun terpisah oleh jarak dan faktor geografis.
• lnteraksi dengan menggunakan media non interaktif
merupakan kategori lain dari Model II. Contoh interaksi jenis
ini yaitu siaran program radio dan program televisi secara
terbuka (open broadcast).
Media telekomunikasi merupakan medium yang memiliki potensi
cukup besar untuk digunakan sebagai medium komunikasi dua
arah. Medium ini mampu mengatasi hambatan ruang dan waktu
dalam melakukan interaksi pembelajaran. Contoh media yang
digunakan dalam interaksi ini adalah telepon dan faksimili.
Penggunaan telepon dan faksimili dapat membuat orang secara
aktif. Proses pembelajaran akan menjadi lebih efektif karena siswa
atau individu terlibat interaksi belajar didalamnya. Telepon dan
faksimili memberi kemungkinan bagi dua pihak yang melakukan
interkasi dapat memperoleh umpan balik (feedback) yang segera.
Umpan balik dapat digunakan sebagai indikator keberhasilan
104