Page 119 - Cakrawala Pendidikan
P. 119

menjadi lebih baik dan siswa memperoleh prestasi yang lebih tinggi
         serta  mengembangkan  keyakinan  diri  yang  lebih  besar  akan
         kemampuan belajar mereka.

         Namun muncul pula salah tafsir dan kebingungan mengenai belajar
         tuntas  ini.  Pertanyaan  yang  biasa  muncul  antara  lain  elemen-
         elemen  apa  yang  penting  dalam  belajar  tuntas?  Bagaimana
         menerapkan  elemen-elemen  tersebut?  Sejauh  mana  perubahan
         yang  harus  dilakukan  guru  jika  akan  menerapkan  model  belajar
         tuntas ini?

         Dengan strategi  belajar tuntas,  yang dikembangkan  oleh  Benjamin
         Bloom  pada  tahun  1968,  konsep  dan  materi  yang  akan  dipelajari
         disusun  menjadi  unit-unit  pembelajaran.  Umumnya  satu  unit
         pembelajaran  terdiri  dari  beberapa  konsep  yang  dapat  diajarkan
         dalam satu atau dua minggu waktu pembelajaran. Setelah satu unit
         selesai dipelajari,  siswa akan diberikan quiz yang  berguna sebagai
         umpan  balik  mengenai  apa  yang  telah  berhasil  dipelajarinya  dan
         apa yang belum.  Setelah itu siswa akan mendapatkan pengarahan,
         terutama  mengenai  apa  yang  harus  dilakukannya  untuk  materi
         yang  belum  dikuasai.  Karena  itu  strategi  ini  harus  menyediakan
         materi  untuk  remedial  yang  harus  diusahakan  berbeda  dalam  hal
         susunan  dan  aktivitas yang  harus dilakukan  siswa.  Di  samping  itu
         harus  pula  disediakan  materi  untuk  tujuan  pengayaan  atau
         perluasan  untuk  mereka  yang  langsung  mencapai  ketuntasan
         dalam belajar dalam sekali belajar.

         Pembelajaran Pada Orang Dewasa (Self-directed Adult
         Learning)
         lni  adalah  strategi  belajar  di  mana  siswa,  yaitu  orang  dewasa,
         adalah  penanggungjawab  utama  dalam  hal  perencanaan,
         penerapan  malah  juga  evaluasi  terhadap  hasil  belajarnya  sendiri.
         lni  biasa dilakukan oleh  mereka yang  telah  bekerja dan  menyadari
         bahwa  perubahan  yang  cepat  dalam  berbagai  bidang  serta
         banyaknya informasi penting menuntut mereka untuk mencari jalan
         untuk  memperbaharui  keterampilan  atau  pengetahuan  mereka.
         Bahan  ajar modular yang  dapat dipakai untuk belajar mandiri (self-
         instructional)  cocok  sekali  untuk  mereka.  Mereka  dapat  memilih
         topik-topik yang cocok dengan tujuan belajar mereka.  lni juga akan



                                                                   109
   114   115   116   117   118   119   120   121   122   123   124