Page 120 - Cakrawala Pendidikan
P. 120

Atwi Suparman, dkk


      menjadi  kecenderungan  cara  memperbaharui  pengetahuan  dan
      keterampilan di era informasi ini.

      Pembelajaran Berfokus Individu (Individualized
      Instruction)
      Pembelajaran  berfokus  individu  merupakan  usaha  para  pengajar
      atau  pengambil  keputusan  untuk  menyesuaikan  pembelajaran
      terhadap  perbedaan  individu  siswa,  sehingga  pertumbuhan
      akademik,  sos1al.  dan  personal  mereka  dapat  lebih  ditingkatkan
      danpada  bi!a  mereka  belaJar  pada  pembelajaran  tradisional.  Hal-
      hal  yang  diperhatikan  dalam  strategi  ini  .3dalah  perbedaan  siswa
      dalam  hal  kemampuan  belaJar,  karaktenstik  dan  gaya  belaJar,
      ke1ng111'-H1  beiaJar otau  kecepatan  belajar me;eka.  Namun  demikian
      keefektifan  program  ini  tidak  sebanding  dengan  biaya  yang  harus
      dikeluarkan  untuk  menerapkannya.  Lebih  jauh  lagi  hasil-hasil  riset
      menunjukkan  bahwa  ada  beberapa  variabel  pendidikan  yang
      menguntungkan  boleh  dikatakan  bagi  semua  siswa,  antara  lain
      adanya lingkungan belajar yang terstruktur,  kelas yang  berorientasi
      kerja dan tujuan yang tegas;  dan adanya umpan balik yang  bersifat
      korektif.   Hasil-hasii   riset   ini   dan   tmgginya   biaya   untuk
      melaksanakan     strategi   pembelajaran   berfokus   individu
      menyebabkan strategi ini jarang diterapkan.

      Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)
      Pembelajaran   langsung   ini   telah   berkembang   mulai   dari
      pembelajaran  yang  berfokus  pada  guru  tanpa  memperhatikan
      prosedur  pengajaran  dan  karakteristik  siswa.  Dengan  pendekatan
      ini  siswa  menghabiskan  sebagian  waktu  untuk  mendengar
      pengajaran  langsung  dari  guru,  terutama  dalam  mengembangkan
      keterampilan  menguasai  materi  yang  diajarkan  dan  kemudian
      dilanjutkan  dengan  aktifitas  pemantapan  seperti  latihan  di  bawah
      bimbingan guru atau asisten guru.
      Perkembangan  selanjutnya dari strategi  pembelajaran  langsung  ini
      dipengaruhi  oleh  penelitian  mengenai  guru  yang  efektif,  dengan
      efektifitas ditentukan oleh prestasi siswa pada tes pencapaian hasil
      belajar  (achievement  test).  Penelitian  ini  menyimpulkan  bahwa
      guru  yang  efektif  dalam  mengajar  topik  yang  sudah  terstruktur



       110
   115   116   117   118   119   120   121   122   123   124   125