Page 122 - Cakrawala Pendidikan
P. 122

Atwi           dkk

        samping  itu  siswa  juga  harus  memiliki  kemampuan  dan  motivasi
        cukup  untuk  mengambil  inisiatif  dan  melakukan  langkah-langkah
        yang  diperlukan.  Strategi  ini  cukup  sulit  untuk  siswa  yang  agak
        lambat dalam belajar.
        Pada  era  informasi  ini,  banyak  siswa  yang  telah  memiliki  banyak
        informasi  karena  mereka  memiliki  akses  kepada  informasi  yang
        kadang-kadang lebih baik dari pengajar.  Sebagai implikasi,  institusi
        pendidikan  harus  menyed1akan  lebih  banyak  kesempatan  bagi
        s1swa  untuk  dapat memanfaatkan  pengalaman  yang  telah  mereka
        miliki  itu.   Salah  satu   strategi  pembelajaran  yang  dapat
        mengakomodasi     pengalaman    siswa   sebelumnya   adalah
        pembelajaran  discovery ini.  Tentu  saja  ini  bukan  merupakan  satu-
        satunya  cara  tetapi  salah  satu  cara yang  baik asal  pengajar dapat
        menyesuaikan  cara  mereka  dalam  memberikan  pengarahan  atau
        bimbingan, pentahapan dan sumber pengarahan itu sendiri

        Pendidikan Jarak Jauh
        Pendidikan  jarak  jauh  telah  menjadi  populer  akhir-akhir  ini.  Ada
        yang  rnenyebutnya  sebagai  pendidikan  terbuka,  pendidikan  secara
        korespondensi,  home  study,  independent  study  dan  lain-lain.
        Tingkat  pendidikan  yang  dilayani  oleh  cara  ini  mulai  dari  sekolah
        dasar sampai dengan  pendidikan  tinggi, juga  pelatihan-pelatihan di
        bidang  bisnis,  industri  dan  institusi  pemerintah.  Tujuan  pendidikan
        jarak  jauh  umumnya  sama  seperti  pendidikan  tatap  muka.
        Perbedaan  utamanya  adalah  pendidikan  jarak  jauh  ini  tidak
        mewajibkan  siswa  untuk  datang  ke  kelas  pada  waktu  dan  tempat
        tertentu.
        Umumnya  siswa  belajar  lewat  materi  cetak  atau  elektronik
        interaktif.  Seandainya  harus  ada  komunikasi  antara  pengajar  dan
        siswa.  b1asanya  tidak  dilakukan  segera  secara  fisik  tetapi  melalui
        telepon,  surat.  atau  email.  Siswa  mungkin  saja  menerima  tugas
        tertulls yang  harus diselesaikan untuk kemudian dikirimkan kembali
        untuk  dievaluasi  oleh  tutor.  Siswa  mungkin  juga  akan  menerima
        komentar mengenai hasil penyelesaian tugas atau  saran mengenai
        tindakan belajar selanjutnya melalui surat atau email.






        112
   117   118   119   120   121   122   123   124   125   126   127