Page 122 - Cakrawala Pendidikan
P. 122
Atwi dkk
samping itu siswa juga harus memiliki kemampuan dan motivasi
cukup untuk mengambil inisiatif dan melakukan langkah-langkah
yang diperlukan. Strategi ini cukup sulit untuk siswa yang agak
lambat dalam belajar.
Pada era informasi ini, banyak siswa yang telah memiliki banyak
informasi karena mereka memiliki akses kepada informasi yang
kadang-kadang lebih baik dari pengajar. Sebagai implikasi, institusi
pendidikan harus menyed1akan lebih banyak kesempatan bagi
s1swa untuk dapat memanfaatkan pengalaman yang telah mereka
miliki itu. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat
mengakomodasi pengalaman siswa sebelumnya adalah
pembelajaran discovery ini. Tentu saja ini bukan merupakan satu-
satunya cara tetapi salah satu cara yang baik asal pengajar dapat
menyesuaikan cara mereka dalam memberikan pengarahan atau
bimbingan, pentahapan dan sumber pengarahan itu sendiri
Pendidikan Jarak Jauh
Pendidikan jarak jauh telah menjadi populer akhir-akhir ini. Ada
yang rnenyebutnya sebagai pendidikan terbuka, pendidikan secara
korespondensi, home study, independent study dan lain-lain.
Tingkat pendidikan yang dilayani oleh cara ini mulai dari sekolah
dasar sampai dengan pendidikan tinggi, juga pelatihan-pelatihan di
bidang bisnis, industri dan institusi pemerintah. Tujuan pendidikan
jarak jauh umumnya sama seperti pendidikan tatap muka.
Perbedaan utamanya adalah pendidikan jarak jauh ini tidak
mewajibkan siswa untuk datang ke kelas pada waktu dan tempat
tertentu.
Umumnya siswa belajar lewat materi cetak atau elektronik
interaktif. Seandainya harus ada komunikasi antara pengajar dan
siswa. b1asanya tidak dilakukan segera secara fisik tetapi melalui
telepon, surat. atau email. Siswa mungkin saja menerima tugas
tertulls yang harus diselesaikan untuk kemudian dikirimkan kembali
untuk dievaluasi oleh tutor. Siswa mungkin juga akan menerima
komentar mengenai hasil penyelesaian tugas atau saran mengenai
tindakan belajar selanjutnya melalui surat atau email.
112