Page 127 - Cakrawala Pendidikan
P. 127

Teknologi Pendidikan: Hakikat  ...

       komunikasi    dan    informasi.   Ide-ide   inovatif   tersebut
       dikomunikasikan  agar  dapat  tersebar  secara  luas  di  masyarakat,
       khususnya  di  kalangan  pendidikan,  melalui  suatu  kegiatan  difus1
       inovasi.

       Difusi Inovasi
       Difusi  sebagaimana  dikemukakan  oleh  Rogers,  adalah  suatu
       proses  dimana  suatu  inovasi  dikomunikasikan  melalui  saluran
       tertentu  dan  pada  suatu  waktu,  kepada  anggota-anggota  suatu
       sistem  sosial.  Difusi  merupakan  suatu  bentuk  komunikasi  yang
       khas,  di  mana  isi  pesannya  yang  dikomunikasikan  adalah  ide-ide
       baru.  Dari  pengertian  difusi  tersebut  diketahui  bahwa  unsur-unsur
       pokoknya  adalah;  inovasi,  komunikasi,  saluran,  waktu,  dan  sistem
       sosial.  Lebih  jelasnya,  berikut  ini  uraian  untuk  masing-masing
       unsur tersebut.

       a.   lnovasi.  lnovasi  adalah  ide,  cara  atau  objek  yang  dianggap
           baru   oleh   individu   atau   unit  adopsi   lainnya.   Difusi
           dimungkinkan terjadi karena adanya inovasi.
       b.   Strategi  komunikasi.  Ada  banyak cara  berkomunikasi  dengan
           orang  lain  tentang  sesuatu  proyek  (termasuk  pendidikan),
           antara  lain  dengan;  memberikan  literatur,  mengajak  bicara,
           meminta     bantuan,   mengajak     mengunjungi    lokasi,
            mengadakan  demonstrasi,  mempresentasikan  pada  saat
            lokakarya, dan melibatkannya dalam pengembangan produk.

       c.   Saluran  komunikasi.  Agar  orang  menyadari  adanya  sesuatu
            inovasi  dan  memiliki  pengetahuan,  pesan-pesan  harus
           disampaikan  melalui  saluran  komunikasi.  Saluran  yang
            tersedia  untuk  itu  adalah  saluran  media  massa,  dan  saluran
            interpersonal.  Saluran  media  massa  dapat  digunakan  untuk
            memberikan  informasi  kepada  orang  banyak  secara  cepat.
            Sedangkan  saluran  interpersonal  sangat  ampuh  untuk
            meyakinkan orang atau memperlancar proses persuasi.

       d.   Waktu.  Seseorang  biasanya  lebih  menyukai  suatu  inovasi
            apabila  mereka  melewati  semua  tahapan  difusi,  yaitu
            kesadaran,  minat,  dan  mencoba.  Selama  tahap  kesadaran
            seorang  agen  harus  berbicara  kepada  orang  sebanyak



                                                                 117
   122   123   124   125   126   127   128   129   130   131   132