Page 131 - Cakrawala Pendidikan
P. 131

Pendidikan: Hakikat  ...


       yang  sistematis.  Ahli  teknologi  pendidikan  mempergunakan  model
       sistematis  dalam  proses  pengembangan  instruksional.  Model
       sistematis difusi dapat menjadi  petunjuk  bagi  proses difusi  inovasi
       dengan cara yang sama dan dengan hasil yang sama efektifnya.


       Implementasi Inovasi
       Menurut  Ely  (1995),  implementasi  tidak  hanya  berarti  bahwa  ide-
       ide teknologi  pendidikan  telah  didifusikan dan  diterima,  tetapi telah
       terjadi  suatu  penggunaan  media  atau  teknologi  baru  dalam  suatu
       bidang   pendidikan.   Burkman  (1987)  menekankan  bahwa
       kelangsungan  dari  penggunaan  atau  implementasi  tersebut
       merupakan  hal  terpenting  yang  harus  dijaga.  Sedangkan  Gentry
       (1994)  menganggap  aktivitas  difusi  dan  implementasi,  seperti
       "training" dan "budgeting",  adalah merupakan tahapan yang disebut
       "product instalation".  Ia mendefinisikan tahapan ini sebagai "proses
       menciptakan  kondisi  yang  diperlukan  untuk  pelaksanaan  secara
       efektif dari  produk atau  proses  instruksional yang  baru,  pada  saat
       mulai diberlakukan dalam sistem".  Guna  menyiapkan implementasi
       perlu  pelatihan  dan  pembiayaan.  Keputusan  mengenai  pelatihan
       dan  pembiayaan  atau  alokasi  sumber  harus  dibuat  sebagai
       komitmen  awal.  Gentry  membedakan  pelaksanaan  (maintenance
       or utilization) dari "product insta/ation"  atau  implementasi.

       Lebih  lanjut  menurut  Gentry,  tugas-tugas  dalam  menyelesaikan
       "product instalation" adalah sebagai berikut:
       •    Mendapatkan  persetujuan  untuk  mendukung  proses  atau
            produk  baru  dari  pembuat  keputusan  dalam  organisasi  dan
            dari "gatekeepers".
       •    Mengidentifikasi  pihak-pihak  lain  dalam  sistem  yang  dituju
            yang akan dipengaruhi oleh "product insta/ation".
       •    Meyakinkan  pihak~pihak lain  yang  dipengaruhi  oleh  "product
            insta!ation" akan nilainya.
       •    Meyakinkan  bahwa  dukungan  yang  diperlukan  oleh  produk
            telah tersedia.
       •    Meyakinkan  bahwa  sumber-sumber  yang  diperlukan  oleh
            proses dan produk telah dialokasikan secara resmi.
       •    Mengidentifikasi  sistem  personel  yang  akan  mengajar  atau
            mengelola pelaksanaan produk instruksional.




                                                                 121
   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136