Page 133 - Cakrawala Pendidikan
P. 133
Pendidikan: Hakikat
Masih menurut Fullan, tema pokok dalam implementasi adalah:
1) Membangun visi. Dalam membangun visi, terdapat dua
dimensi yang terlibat di dalamnya yaitu arah perubahan yang
dituju, dan strategi untuk mencapai arah tersebut
2) Perencanaan dan pengembangan evolusioner. Suatu
implementasi terjadi atas dasar adanya perpaduan antara
keinginan untuk perubahan dan kondisi atau kesempatan.
Kebanyakan perubahan tidak didasarkan kepada
perencanaan yang ketat. "Memiliki rencana, tetapi belajar
sambil berjalan" adalah ungkapan yang tepat untuk
menggambarkan implementasi.
3) Pengambilan inisiatif dan pemberdayaan. Membuat orang
bertindak dan berinteraksi pada arah yang dituju adalah aturan
pokok untuk perubahan. Untuk itu, inisiatif dapat datang dari
mana saja, yang terpenting dalam implementasi ada
pembagian kekuasaan dan kolaborasi. Pemimpin sekolah
harus mendukung dan merangsang pengambilan inisiatif oleh
yang lain, mendelegasikan wewenang dan mengelola peran
serta kelompok.
4) Pengembangan stat. Pengembangan staf adalah tema sentral
dalam perubahan.
5) Monitoring dan evaluasi. Monitoring melayani dua fungsi, yaitu
membuat agar informasi tentang cara inovatif memungkinkan
akses kepada ide yang bagus, dan membantu menghindari
kesalahan praktek.
6) Restrukturisasi, yaitu perubahan struktural dalam organisasi
diharapkan akan kondusif untuk perbaikan dan memiliki
dampak yang positif.
123