Page 133 - Cakrawala Pendidikan
P. 133

Pendidikan: Hakikat


       Masih menurut Fullan,  tema  pokok dalam implementasi adalah:
       1)   Membangun  visi.  Dalam  membangun  visi,  terdapat  dua
           dimensi  yang  terlibat  di  dalamnya  yaitu  arah  perubahan  yang
           dituju, dan strategi untuk mencapai arah tersebut
       2)   Perencanaan   dan   pengembangan    evolusioner.   Suatu
           implementasi  terjadi  atas  dasar  adanya  perpaduan  antara
           keinginan  untuk  perubahan  dan  kondisi  atau  kesempatan.
           Kebanyakan     perubahan    tidak   didasarkan    kepada
           perencanaan  yang  ketat.  "Memiliki  rencana,  tetapi  belajar
           sambil  berjalan"  adalah  ungkapan  yang  tepat  untuk
           menggambarkan implementasi.

       3)   Pengambilan  inisiatif  dan  pemberdayaan.  Membuat  orang
           bertindak dan berinteraksi pada arah yang dituju adalah aturan
           pokok  untuk  perubahan.  Untuk  itu,  inisiatif dapat  datang  dari
           mana  saja,  yang  terpenting  dalam  implementasi  ada
           pembagian  kekuasaan  dan  kolaborasi.  Pemimpin  sekolah
           harus  mendukung  dan  merangsang  pengambilan  inisiatif oleh
           yang  lain,  mendelegasikan  wewenang  dan  mengelola  peran
           serta kelompok.

       4)   Pengembangan stat.  Pengembangan  staf adalah tema  sentral
           dalam perubahan.
       5)   Monitoring dan evaluasi.  Monitoring melayani dua fungsi,  yaitu
           membuat  agar informasi  tentang  cara  inovatif memungkinkan
           akses  kepada  ide  yang  bagus,  dan  membantu  menghindari
           kesalahan praktek.
       6)   Restrukturisasi,  yaitu  perubahan  struktural  dalam  organisasi
           diharapkan  akan  kondusif  untuk  perbaikan  dan  memiliki
           dampak yang  positif.














                                                                123
   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137   138