Page 137 - Cakrawala Pendidikan
P. 137
Pendidikan: Hakikat ...
Pendidikan, perlu ada implementasi sistem quality control untuk
mengukur kapabilitas program.
Kontrol
Melakukan kontrol berarti menjawab pertanyaan mengenai apakah
ada perbedaan antara hasil dengan tujuan yang akan dicapai oleh
suatu program. Disamping itu juga untuk melakukan koreksi untuk
menghindari adanya ketidak cocokan.
Kata "kontrol" dalam bidang pendidikan sering dikonotasikan
negatif, karena kontrol sering disama artikan dengan pemeriksaan
atau mencari kesalahan. Menurut Branson, 1991 dalam
Ensiklopedia Pendidikan, apabila mengacu pada domain feedback,
kontrol pada dasarnya melakukan koreksi. Keuntungan dari
adanya kontrol dalam manajemen adalah melakukan koreksi yang
terus menerus pada variabel-variabel yang cukup kritis, seperti
"anggaran". Tetapi pada dasarnya kontrol perlu dilakukan terhadap
variabel-variabel manapun yang saling berkaitan, misalnya dana
dihubungkan dengan waktu, "program excelent", tingkat atau mutu
pelayanan.
Lingkup Program
Program biasanya terdiri dari beberapa proyek yang berdiri sendiri
atau saling berhubungan. Program sebaiknya dievaluasi dengan
menggunakan model yang terpercaya, sehingga dapat menjawab
semua persoalan yang penting. Evaluasi yang dilakukan termasuk
evaluasi pada poin-poin penting yang meliputi analisis efektifitas
biaya, analisis cost benefit dan analisis investasi. Hasil evaluasi ini
berguna untuk membuat keputusan dan penilaian terhadap
program yang dijalankan.
Manajemen Proyek
Proyek biasanya bagian dari program yang cukup besar. Dalam
bidang pendidikan proyek penelitian dilakukan oleh pemerintah
atau suatu yayasan. Proyek ini bertujuan untuk memperluas
pengetahuan dan melakukan penemuan-penemuan baru. Selain
penelitian ada pula beberapa proyek lain, salah satu diantaranya
proyek pengembangan kurikulum. Proyek seperti ini biasanya
127