Page 140 - Cakrawala Pendidikan
P. 140

Atwi          dkk

         Pada  dasarnya  program  atau  proyek  dapat  dikatakan  efisien
         apabila  sumberdaya  dalam  jumlah  terbatas  dapat  dipergunakan
         untuk  mencapai  tujuan  yang  diinginkan.  Sedangkan  efektifitas
         pendidikan  lebih  memperhatikan apakah  seperangkat sumberdaya
         memiliki  efek  positif  terhadap  kemampuan  orang  yang  mengikuti
         program pendidikan.  Berapa besar efektifitas,  pada dasarnya tidak
         ditentukan  oleh  perbandingan  sumberdaya  atau  biaya  yang
         digunakan.  Karena  "apakah  efektif ?"  tidak  sama  dengan  "apakah
         efisien ?".

         Fungsi manajemen yang dijalankan tidak terlepas dari seperangkat
         tugas yang lengkap. Dalam hal ini organisasi harus yakin mengenai
         tenaga  yang  dipakai dan  disupervisi,  dana yang  direncanakan dan
         dilaporkan, serta fasilitas yang dikembangkan dan dipelihara.
         Dalam  mengontrol  organisasi  seorang  manajer  harus  berani
         membuat  keputusan  dan  memecahkan  persoalan.  Menurut
         Prostano  dan  Prostano,  1987,  dalam  AECT,  1994;  seorang
         manajer  juga  harus  mampu  memimpin,  memotivasi,  memberi
         perintah,  membimbing,  melatih,  mendorong,  mendelegasikan  dan
         berkomunikasi.   Adapun   tugas   dalam   personalia   meliputi
         penerimaan,  ketenagaan,  seleksi,  supervisi  dan  evaluasi.  Tugas
         yang  berhubungan  dengan  keuangan  diantaranya  merencanakan
         anggaran,  membuat  keputusan  dan  memonitor,  serta  mencatat
         dan  melakukan  pembelanjaan.  Tanggung jawab  mengenai  sarana
         dan  pra-sarana  diperlukan  dalam  perencanaan,  supporting  dan
         supervisi.  Caffarella,  1993,  dalam  AECT,  1994  menyebutkan
         bahwa  seorang  manajer harus  bertanggung  jawab  selama  proses
         pengembangan  berjalan.  Berikut  beberapa  penerapan  fungsi
         manajemen dalam bidang pendidikan:

         Manajemen Sumberdaya

         Manajemen  sumberdaya  meliputi  perencanaan,  monitoring  dan
         kontrol  terhadap  sistem  pelayanan  sumberdaya.  Manajemen
         sumberdaya  termasuk  bidang  yang  urgen  karena  menyangkut
         kontrol  terhadap  akses  yang  ada.  Sumberdaya  ini  meliputi
         manusia,  dana,  waktu,  fasilitas,  sumber  belajar  dan  pengadaan.
         Efektifitas  biaya  dan  efektifitas  hasil  belajar  adalah  dua  hal  yang
         perlu diperhitungkan dalam manajemen sumberdaya.


         130
   135   136   137   138   139   140   141   142   143   144   145