Page 140 - Cakrawala Pendidikan
P. 140
Atwi dkk
Pada dasarnya program atau proyek dapat dikatakan efisien
apabila sumberdaya dalam jumlah terbatas dapat dipergunakan
untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Sedangkan efektifitas
pendidikan lebih memperhatikan apakah seperangkat sumberdaya
memiliki efek positif terhadap kemampuan orang yang mengikuti
program pendidikan. Berapa besar efektifitas, pada dasarnya tidak
ditentukan oleh perbandingan sumberdaya atau biaya yang
digunakan. Karena "apakah efektif ?" tidak sama dengan "apakah
efisien ?".
Fungsi manajemen yang dijalankan tidak terlepas dari seperangkat
tugas yang lengkap. Dalam hal ini organisasi harus yakin mengenai
tenaga yang dipakai dan disupervisi, dana yang direncanakan dan
dilaporkan, serta fasilitas yang dikembangkan dan dipelihara.
Dalam mengontrol organisasi seorang manajer harus berani
membuat keputusan dan memecahkan persoalan. Menurut
Prostano dan Prostano, 1987, dalam AECT, 1994; seorang
manajer juga harus mampu memimpin, memotivasi, memberi
perintah, membimbing, melatih, mendorong, mendelegasikan dan
berkomunikasi. Adapun tugas dalam personalia meliputi
penerimaan, ketenagaan, seleksi, supervisi dan evaluasi. Tugas
yang berhubungan dengan keuangan diantaranya merencanakan
anggaran, membuat keputusan dan memonitor, serta mencatat
dan melakukan pembelanjaan. Tanggung jawab mengenai sarana
dan pra-sarana diperlukan dalam perencanaan, supporting dan
supervisi. Caffarella, 1993, dalam AECT, 1994 menyebutkan
bahwa seorang manajer harus bertanggung jawab selama proses
pengembangan berjalan. Berikut beberapa penerapan fungsi
manajemen dalam bidang pendidikan:
Manajemen Sumberdaya
Manajemen sumberdaya meliputi perencanaan, monitoring dan
kontrol terhadap sistem pelayanan sumberdaya. Manajemen
sumberdaya termasuk bidang yang urgen karena menyangkut
kontrol terhadap akses yang ada. Sumberdaya ini meliputi
manusia, dana, waktu, fasilitas, sumber belajar dan pengadaan.
Efektifitas biaya dan efektifitas hasil belajar adalah dua hal yang
perlu diperhitungkan dalam manajemen sumberdaya.
130