Page 145 - Cakrawala Pendidikan
P. 145
Pendidikan: Hakikat ..
Jenis Jenis Evaluasi
Evaluasi juga dapat dibedakan berdasarkan sasaran yang
dievaluasi, yaitu program, proyek, atau suatu produk instruksional.
a) Evaluasi Program
Evaluasi ini dilakukan terhadap suatu program instruksional,
misalnya program kewirausahaan untuk mahasiswa
perguruan tinggi. Program ini dikembangkan untuk
menumbuhkan wawasan "berwirausaha" bagi mahasiswa,
sehingga setelah menyelesaikan studinya akan mempunyai
mentalitas wirausaha untuk menciptakan peluang kerja.
Dalam hal ini yang menjadi fokus evaluasi adalah keseluruhan
aspek program, yang mencakup kurikulum, berbagai kegiatan
dalam implementasinya, dan dampak yang terjadi pada cara
berpikir mahasiswa.
b) Evaluasi Proyek
Evaluasi ini dirancang untuk mengukur dan menilai kegiatan
yang dilaksanakan dalam waktu tertentu untuk mencapai
suatu tugas yang tertentu pula, sebagai contoh, mengevaluasi
pelatihan untuk dosen yang dilakukan selama 2 bulan, atau
workshop 3 hari untuk membuat karya ilmiah.
Perbedaan antara program dan proyek terletak pada apakah
kegiatan tersebut diharaokan akan menjadi kegiatan jangka
panjang atau merupakan kegiatan untuk jangka waktu pendek
saja. Tetapi dalam perkembangannya suatu proyek jangka
pendek, seperti pelatihan dosen di atas, apabila telah menjadi
bagian integral usaha peningkatan dosen perguruan tinggi,
maka akan d1perlakukan sebagai program.
c) Evaluasi Produk
Evaluasi produk berhubungan dengan mengevaluasi materi
dan bentuk fisik suatu produk instruksional, misalnya
seperangkat pengaJaran menggunakan kaset tentang
keterampilan berbahasa lnggris, paket pembelajaran
menggunakan komputer, video, cetakan, dsb.
Yang menjadi fokus dalam evaluasi ini adalah validitas dan
keakuratan materi yang dikandung dalam tampilan serta
135