Page 148 - Cakrawala Pendidikan
P. 148
Atwi dkk
Teknologi sebagai suatu proses yang pada umumnya dipakai
sebagai alat bantu untuk pemecahan masalah atau sebagai satu
set teknik pengelolaan pembelajaran, kurang dipahami dan kurang
dimengerti oleh banyak kalangan, termasuk kalangan pendidikan.
Hal ini dikarenakan sebagian besar orang masih menganggap
pengertian teknologi pendidikan sebatas konsep alat saja.
Dengan mengacu pada dua pengertian tersebut (konsep alat dan
proses), maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan
konsep alat maka teknologi pendidikan diartikan sebagai
sekelompok alat-alat mekanik atau elektronik yang dapat
digunakan dalam proses pembelajaran. Sementara dalam
pengertian konsep proses, maka teknologi pendidikan diartikan
sebagai suatu teknik yang dapat membantu proses
pengembangan, penerapan dan penilaian terhadap suatu sistem,
teknik atau alat bantu yang dapat dipakai untuk meningkatkan
kualitas kehidupan manusia.
Potensi Teknologi Pendidikan
Berikut ini adalah pengelompokan teknologi sebagai alat dan
konsep yang sering dipakai guna meningkatkan mutu proses
pembelajaran, yaitu :
a. Teknologi tingkat rendah Kapur, papan tulis, kertas dan
pensil, model, foto, poster, dan
chart
b. Media Audiovisual OHT, slide, filmstrips, kaset,
CD, video dan film.
c. Format komputer Interactive video, computer
multimedia dan hipermedia.
d. Telekomunikasi Siaran radio, televisi, satelit,
computer mediated
telecommunication (internet,e-
mail, e-bulletin board, WNIN).
e. Teknologi "lunak" Programmed instruction,
(teknologi pendidikan programmed tutoring,
dalam pengertian programmed teaching atau
konsep): direct instruction,
Personalized System of
138