Page 147 - Cakrawala Pendidikan
P. 147
Teknologi Pendidikan: Hakikat ...
menggabungkan berbagai teknik pengumpulan data kuantitatif dan
kualitatif dalam evaluasi.
Beberapa permasalahan harus tetap diperhatikan dalam
pengembangan evaluasi adalah: bagaimana meningkatkan
relevansi dan kegunaan hasil evaluasi terhadap praktek;
menjadikan kegiatan evaluasi menjadi cost-effective, meningkatkan
peranan pengguna/konsumen dan berbagai pihak yang
berkepentingan dengan evaluasi, meningkatkan kemampuan
evaluator untuk dapat bersikap dengan integritas menghadapi
masalah moral dan etika dalam melakukan evaluasi serta
menumbuhkan identitas profesional yang lebih jelas dan konkrit
sebagai pedoman perkembangan landasan teoritis dan praktek
lebih lanjut.
Implementasi Teknologi Pendidikan Di Berbagai Sektor
Pendidikan
Pengertian Teknologi Pendidikan
Teknologi dapat diartikan sebagai a/at dan proses yang
mempunyai potensi untuk membantu meningkatkan mutu
pendidikan. Potensi tersebut terlihat dari kemampuan teknologi
pendidikan didalam membantu meningkatkan kejelasan komunikasi
yang komprehensif antara siswa dan guru di dalam kelas,
memberikan mekanisme yang memungkinkan siswa untuk dapat
belajar mandiri, membantu pembahasan dan perumusan
kurikulum, meningkatkan penggunaan metode belajar yang baru
dalam kehidupan sehari-hari, serta meningkatkan produktivitas
instruksional di sekolah.
Dalam kenyataannya, implementasi teknologi pendidikan masih
memiliki kelemahan diantaranya adalah terbatasnya ketersediaan
teknologi, kalaupun ada teknologi ini hanya dapat ditemukan pada
sistem pendidikan yang sangat kaya. Disamping itu, di sekolah-
sekolah teknologi pendidikan hanya digunakan untuk mendukung
keterlaksanaan kurikulum dan metode mengajar yang ada, bukan
sebagai alat yang dapat digunakan untuk transformasi atau
peningkatan produktivitas instruksional.
137