Page 147 - Cakrawala Pendidikan
P. 147

Teknologi Pendidikan: Hakikat  ...

        menggabungkan berbagai  teknik pengumpulan data kuantitatif dan
        kualitatif dalam evaluasi.

        Beberapa    permasalahan   harus   tetap   diperhatikan   dalam
        pengembangan     evaluasi   adalah:   bagaimana   meningkatkan
        relevansi  dan  kegunaan  hasil  evaluasi  terhadap  praktek;
        menjadikan kegiatan evaluasi menjadi cost-effective, meningkatkan
        peranan    pengguna/konsumen    dan   berbagai   pihak   yang
        berkepentingan  dengan  evaluasi,  meningkatkan  kemampuan
        evaluator  untuk  dapat  bersikap  dengan  integritas  menghadapi
        masalah  moral  dan  etika  dalam  melakukan  evaluasi  serta
        menumbuhkan  identitas  profesional  yang  lebih  jelas  dan  konkrit
        sebagai  pedoman  perkembangan  landasan  teoritis  dan  praktek
        lebih lanjut.

        Implementasi Teknologi Pendidikan Di Berbagai Sektor
        Pendidikan

        Pengertian Teknologi Pendidikan
        Teknologi  dapat  diartikan  sebagai  a/at  dan  proses  yang
        mempunyai    potensi   untuk  membantu   meningkatkan  mutu
        pendidikan.  Potensi  tersebut  terlihat  dari  kemampuan  teknologi
        pendidikan didalam membantu meningkatkan kejelasan komunikasi
        yang  komprehensif  antara  siswa  dan  guru  di  dalam  kelas,
        memberikan  mekanisme  yang  memungkinkan  siswa  untuk  dapat
        belajar  mandiri,   membantu   pembahasan    dan   perumusan
        kurikulum,  meningkatkan  penggunaan  metode  belajar  yang  baru
        dalam  kehidupan  sehari-hari,  serta  meningkatkan  produktivitas
        instruksional di sekolah.
        Dalam  kenyataannya,  implementasi  teknologi  pendidikan  masih
        memiliki kelemahan diantaranya adalah  terbatasnya  ketersediaan
        teknologi,  kalaupun  ada  teknologi  ini  hanya  dapat ditemukan  pada
        sistem  pendidikan  yang  sangat  kaya.  Disamping  itu,  di  sekolah-
        sekolah teknologi  pendidikan  hanya digunakan untuk mendukung
        keterlaksanaan  kurikulum  dan  metode  mengajar yang  ada,  bukan
        sebagai  alat  yang  dapat  digunakan  untuk  transformasi  atau
        peningkatan produktivitas instruksional.




                                                                  137
   142   143   144   145   146   147   148   149   150   151   152