Page 143 - Cakrawala Pendidikan
P. 143
Teknologi Pendidikan: Hakikat ...
Evaluasi pada berbagai tahap dilakukan agar program instruksional
tersebut secara maksimal berhasil mencapai sasaran yang
ditentukan.
Pada dasarnya, menurut jenisnya, evaluasi mempunyai empat
tujuan atau fungsi (Smith, 1996), yaitu monitoring, evaluasi formatif,
evaluasi sumatif, serta meta evaluasi yang dilakukan untuk
mengevaluasi proses evaluasi yang dilakukan terhadap suatu
program.
a) Monitoring
Monitoring dilakukan untuk menentukan apakah suatu
program atau proses pengembangan instruksional berjalan
sebagaimana direncanakan, dan untuk mengusahakan agar
manajemen program atau proses tersebut dapat dilakukan
dengan lebih baik. Yang menjadi fokus perhatian di sini
adalah bagaimana agar program atau proses dapat
berlangsung dengan lancar dan bagaimana efektivitas
manajemen program dapat ditingkatkan.
b) Evaluasi Formatif
Evaluasi formatif dilakukan pada berbagai titik pada tahap
awal pengembangan suatu program, dijelaskan sebagai
pengumpulan data tentang proses atau produk instruksional
dengan tujuan untuk menggunakan informasi tersebut sebagai
dasar atau masukan untuk pengembangan lebih lanjut.
Betapapun bagus dan rincinya suatu program direncanakan,
dalam pelaksanaannya dapat terjadi penyimpangan dan
hambatan ini kemungkinan akan mengubah desain program.
Dengan kata lain, tujuan evaluasi formatif lebih bersifat
langkah perbaikan ("to improve") dari pada untuk
membuktikan keberhasilan atau kegagalan ("to prove").
Dengan menemukan berbagai faktor pada program yang
sudah baik dan yang belum, pengembang atau pengelola
program dapat berusaha memperbaiki kekurangan yang
terjadi.
Dalam evaluasi formatif suatu produk instruksional,
pengumpulan informasi dilakukan melalui analisis materi dan
133