Page 143 - Cakrawala Pendidikan
P. 143

Teknologi Pendidikan: Hakikat  ...


           Evaluasi pada berbagai tahap dilakukan agar program instruksional
           tersebut  secara  maksimal  berhasil  mencapai  sasaran  yang
           ditentukan.
           Pada  dasarnya,  menurut  jenisnya,  evaluasi  mempunyai  empat
           tujuan atau fungsi (Smith,  1996), yaitu  monitoring,  evaluasi formatif,
           evaluasi  sumatif,  serta  meta  evaluasi  yang  dilakukan  untuk
           mengevaluasi  proses  evaluasi  yang  dilakukan  terhadap  suatu
           program.

           a)   Monitoring
               Monitoring  dilakukan  untuk  menentukan  apakah  suatu
               program  atau  proses  pengembangan  instruksional  berjalan
               sebagaimana  direncanakan,  dan  untuk  mengusahakan  agar
               manajemen  program  atau  proses  tersebut  dapat  dilakukan
               dengan  lebih  baik.   Yang  menjadi  fokus  perhatian  di  sini
               adalah  bagaimana  agar  program  atau    proses  dapat
               berlangsung  dengan  lancar  dan  bagaimana  efektivitas
               manajemen program dapat ditingkatkan.

           b)   Evaluasi Formatif
               Evaluasi  formatif  dilakukan  pada  berbagai  titik  pada  tahap
               awal  pengembangan  suatu  program,  dijelaskan  sebagai
               pengumpulan  data  tentang  proses  atau  produk  instruksional
               dengan tujuan untuk menggunakan informasi tersebut sebagai
               dasar  atau  masukan  untuk  pengembangan  lebih  lanjut.
               Betapapun  bagus  dan  rincinya  suatu  program  direncanakan,
               dalam  pelaksanaannya  dapat  terjadi  penyimpangan  dan
               hambatan ini kemungkinan akan mengubah desain program.
               Dengan  kata  lain,  tujuan  evaluasi  formatif  lebih  bersifat
               langkah   perbaikan   ("to   improve")   dari   pada   untuk
               membuktikan  keberhasilan  atau  kegagalan  ("to  prove").
               Dengan  menemukan  berbagai  faktor  pada  program  yang
               sudah  baik  dan  yang  belum,  pengembang  atau  pengelola
               program  dapat  berusaha  memperbaiki  kekurangan  yang
               terjadi.
               Dalam   evaluasi   formatif   suatu   produk   instruksional,
               pengumpulan  informasi  dilakukan  melalui  analisis  materi  dan



                                                                    133
   138   139   140   141   142   143   144   145   146   147   148