Page 144 - Cakrawala Pendidikan
P. 144
Atwi dkk
uji-coba terbatas menggunakan sampel target peserta secara
individual atau dalam bentuk kelompok.
c) Evaluasi Sumatif
Evaluasi sumatif biasanya dilakukan setelah suatu program
atau produk digunakan secara luas. Evaluasi ini lebih
berorientasi kepada kepentingan pengguna (konsumen), dan
bertujuan untuk menentukan apakah program tersebut terbukti
efektif dan berkualitas. Beberapa pertanyaan yang menjadi
fokus evaluasi sumatif diantaranya : apakah program tersebut
mempunyai kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan,
mencapai sasaran jangka pendek maupun jangka panjang,
dan apakah program tersebut dapat mencapai tujuan dengan
biaya yang lebih murah dan efisien dibandingkan dengan
program sejenis.
Jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan seperti itu akan
dimanfaatkan untuk memutuskan apakah program tersebut
akan dilanjutkan dan disebarkan lebih luas atau akan
dihentikan
d) Meta Evaluasi
Pada saat melakukan evaluasi suatu program atau produk
instruksional, kita juga perlu mengevaluasi cara evaluasi
tersebut dilakukan. Tindakan ini semacam "reflection-in-
action" untuk mengusahakan agar evaluasi dilakukan
menggunakan kaidah atau standar yang profesional. Pelaku
evaluasi perlu memeriksa praktek yang dilakukannya, dan
menjadikannya sebagai pengalaman belajar, sehingga
kesempatan untuk melakukan evaluasi mendatang akan
menjadi lebih baik.
Meta evaluasi dapat dilakukan sendiri oleh evaluator,
sekaligus pada saat dia melakukan evaluasi. Dapat juga
dilakukan oleh evaluator dari luar untuk memeriksa dan
memberi kredibilitas pada desain, kemajuan dan hasil evaluasi
yang telah dilakukan.
134