Page 144 - Cakrawala Pendidikan
P. 144

Atwi           dkk


           uji-coba terbatas  menggunakan  sampel  target peserta  secara
           individual atau dalam bentuk kelompok.

       c)   Evaluasi Sumatif
           Evaluasi  sumatif  biasanya  dilakukan  setelah  suatu  program
           atau  produk  digunakan  secara  luas.  Evaluasi  ini  lebih
           berorientasi  kepada  kepentingan  pengguna  (konsumen),  dan
           bertujuan untuk menentukan apakah program tersebut terbukti
           efektif  dan  berkualitas.  Beberapa  pertanyaan  yang  menjadi
           fokus evaluasi sumatif diantaranya : apakah  program tersebut
           mempunyai  kualitas  yang  dapat  dipertanggungjawabkan,
           mencapai  sasaran  jangka  pendek  maupun  jangka  panjang,
           dan  apakah  program  tersebut dapat  mencapai  tujuan  dengan
           biaya  yang  lebih  murah  dan  efisien  dibandingkan  dengan
           program sejenis.
           Jawaban  terhadap  pertanyaan-pertanyaan  seperti  itu  akan
           dimanfaatkan  untuk  memutuskan  apakah  program  tersebut
           akan  dilanjutkan  dan  disebarkan  lebih  luas  atau  akan
           dihentikan

       d)   Meta Evaluasi
           Pada  saat  melakukan  evaluasi  suatu  program  atau  produk
           instruksional,  kita  juga  perlu  mengevaluasi  cara  evaluasi
           tersebut  dilakukan.  Tindakan  ini  semacam  "reflection-in-
           action"  untuk  mengusahakan  agar  evaluasi  dilakukan
           menggunakan  kaidah  atau  standar  yang  profesional.  Pelaku
           evaluasi  perlu  memeriksa  praktek  yang  dilakukannya,  dan
           menjadikannya  sebagai  pengalaman    belajar,   sehingga
           kesempatan  untuk  melakukan  evaluasi  mendatang  akan
           menjadi lebih baik.
           Meta  evaluasi  dapat  dilakukan  sendiri  oleh  evaluator,
           sekaligus  pada  saat  dia  melakukan  evaluasi.   Dapat  juga
           dilakukan  oleh  evaluator  dari  luar  untuk  memeriksa  dan
           memberi kredibilitas pada desain, kemajuan dan hasil evaluasi
           yang telah dilakukan.








       134
   139   140   141   142   143   144   145   146   147   148   149