Page 115 - Cakrawala Pendidikan
P. 115
Pendidikan: Teori ...
dalam menempuh proses pembelajaran (Hannafin dan Peck,
1988).
Medium radio dan televisi tergolong sebagai media massa yang
sering digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya pada
proses belajar jarak jauh (distance learning). Hal ini dimungkinkan
karena penyiaran program radio dan televisi dapat menjangkau
khalayak yang berada dalam jangkauan wilayah geografis yang
sangat luas. Sarna seperti film yang tergolong sebagai motion
pictures, televisi mampu menayangkan informasi dengan cara
yang realistik. Gabungan unsur gambar, suara dan warna dalam
medium televisi dapat memberikan gambaran tentang objek dan
peristiwa secara rinci.
Penyiaran program radio dan televisi memiliki keterbatasan yang
spesifik. Penayangan informasi dan ilmu pengetahuan melalui
radio dan televisi hanya bersifat satu arah - one way
communication. Pemirsa tidak dapat memperoleh umpan balik
segera. Di samping itu, ada keterbatasan lain yang cukup menonjol
dari pemanfaatan siaran radio dan televisi. lnformasi yang
ditayangkan melalui kedua medium tersebut berlangsung dalam
kecepatan yang tetap (fixed paced). Penyajian informasi seperti ini
akan membuat pemirsa mengalami sedikit kesulitan dalam
memahami pesan dan informasi.
Untuk mengatasi kedua hambatan tersebut medium radio dan
televisi harus dilengkapi dengan sarana komunikasi lain yaitu
telepon. Telepon akan menjadikan tayangan informasi melalui
radio dan televisi dapat bersifat interaktif.
Model III
Proses pembelajaran model Ill berlangsung pada tempat tertentu
misalnya pada pusat studi (learning center) dan laboratorium.
Media yang dapat digunakan pada model ini adalah media yang
kerap digunakan pada pusat studi atau perpustakaan seperti kaset
audio, kaset video, buku dan perangkat komputer.
Faktor pentlng yang harus diperhatikan dalam mendesain media
yang akan digunakan pada model pembelajaran ketiga ini adalah
jadwal dan tugas belajar yang harus dilakukan oleh siswa. Aktivitas
105