Page 115 - Cakrawala Pendidikan
P. 115

Pendidikan: Teori ...

        dalam  menempuh  proses  pembelajaran  (Hannafin  dan  Peck,
        1988).
        Medium  radio  dan  televisi  tergolong  sebagai  media  massa  yang
        sering  digunakan  dalam  proses  pembelajaran,  khususnya  pada
        proses  belajar jarak jauh  (distance  learning).  Hal  ini  dimungkinkan
        karena  penyiaran  program  radio  dan  televisi  dapat  menjangkau
        khalayak  yang  berada  dalam  jangkauan  wilayah  geografis  yang
        sangat  luas.  Sarna  seperti  film  yang  tergolong  sebagai  motion
        pictures,  televisi  mampu  menayangkan  informasi  dengan  cara
        yang  realistik.  Gabungan  unsur  gambar,  suara  dan  warna  dalam
        medium  televisi  dapat  memberikan  gambaran  tentang  objek  dan
        peristiwa secara rinci.
        Penyiaran  program  radio  dan  televisi  memiliki  keterbatasan  yang
        spesifik.  Penayangan  informasi  dan  ilmu  pengetahuan  melalui
        radio  dan  televisi  hanya  bersifat  satu  arah  -  one  way
        communication.  Pemirsa  tidak  dapat  memperoleh  umpan  balik
        segera.  Di  samping itu, ada keterbatasan lain yang cukup menonjol
        dari  pemanfaatan  siaran  radio  dan  televisi.  lnformasi  yang
        ditayangkan  melalui  kedua  medium  tersebut  berlangsung  dalam
        kecepatan yang tetap  (fixed paced).  Penyajian  informasi seperti  ini
        akan  membuat  pemirsa  mengalami  sedikit  kesulitan  dalam
        memahami pesan dan informasi.

        Untuk  mengatasi  kedua  hambatan  tersebut  medium  radio  dan
        televisi  harus  dilengkapi  dengan  sarana  komunikasi  lain  yaitu
        telepon.  Telepon  akan  menjadikan  tayangan  informasi  melalui
        radio dan televisi dapat bersifat interaktif.

        Model III
        Proses  pembelajaran  model  Ill  berlangsung  pada  tempat  tertentu
        misalnya  pada  pusat  studi  (learning  center)  dan  laboratorium.
        Media  yang  dapat  digunakan  pada  model  ini  adalah  media  yang
        kerap digunakan pada  pusat studi atau  perpustakaan seperti kaset
        audio,  kaset video,  buku dan perangkat komputer.

        Faktor  pentlng  yang  harus  diperhatikan  dalam  mendesain  media
        yang  akan  digunakan  pada  model  pembelajaran  ketiga  ini  adalah
        jadwal dan tugas belajar yang harus dilakukan oleh siswa. Aktivitas



                                                                  105
   110   111   112   113   114   115   116   117   118   119   120