Page 113 - Cakrawala Pendidikan
P. 113

Teknologi Pendidikan: Teori ...


          Media  merupakan  kata  jamak  dari  kata  medium,  berarti
          "perantara".  Dalam  proses  pembelajaran,  media  dapat  diartikan
          sebagai  "Anything  that  carries  information  between  a  source  and
          receiver" (Heinich, dkk.  1986, hal 5).

          Jerold   Kemp    (1986)   mengemukakan     klasifikasi   media
          pembelajaran sebagai berikut:
          •   Printed media (media cetak)
          •   Display media (media pameran)
          •   Overhead transparancies
          •   Audiotape recordings (rekaman pita audio)
          •   Slide series dan filmstrips
          •   Multi image presentation (presentasi multi gambar)
          •   Video  recordings  and  motion  picture  film  (rekaman  video  dan
             film)
          •   Computer  based    instruction   (pembelajaran   berasaskan
             komputer).

          Model I
          Model  I  merupakan  model  interaksi  pembelajaran  yang  sudah
          sangat  dikenal  yaitu  interaksi  pembelajaran  tatap  muka.  Dalam
          model  ini  seorang  nara  sumber  (guru  atau  dosen)  menyampaikan
          informasi  atau  ilmu  pengetahuan  kepada  sekelompok  siswa.
          Banyak  media  yang  dapat  digunakan  dalam  model  I ini,  misalnya
          flip  chart,  papan  tulis  elektronik  dan  medium  yang  sangat  simpel
          penggunaannya, yaitu overhead transparansi.
          Setiap  jenis  media  memiliki  kelebihan  dan  keterbatasan  masing-
          masing.  Medium  overhead  transparansi,  misalnya,  merupakan
          medium  yang  sangat  populer  penggunaannya.  Untuk  keperluan
          interaksi  pembelajaran  tatap  muka  medium  ini  memiliki  kelebihan
          antara lain:
          a.   memusatkan perhatian terhadap materi
          b.   membuat proses pembelajaran menjadi lebih sistematis
          c.   memungkinkan  terjadinya  eye  contact  antara  instruktur
              dengan learner
          d.   meningkatkan rasa percaya diri instruktur
          e.   meningkatkan kualitas proses pembelajaran.




                                                                   103
   108   109   110   111   112   113   114   115   116   117   118