Page 113 - Cakrawala Pendidikan
P. 113
Teknologi Pendidikan: Teori ...
Media merupakan kata jamak dari kata medium, berarti
"perantara". Dalam proses pembelajaran, media dapat diartikan
sebagai "Anything that carries information between a source and
receiver" (Heinich, dkk. 1986, hal 5).
Jerold Kemp (1986) mengemukakan klasifikasi media
pembelajaran sebagai berikut:
• Printed media (media cetak)
• Display media (media pameran)
• Overhead transparancies
• Audiotape recordings (rekaman pita audio)
• Slide series dan filmstrips
• Multi image presentation (presentasi multi gambar)
• Video recordings and motion picture film (rekaman video dan
film)
• Computer based instruction (pembelajaran berasaskan
komputer).
Model I
Model I merupakan model interaksi pembelajaran yang sudah
sangat dikenal yaitu interaksi pembelajaran tatap muka. Dalam
model ini seorang nara sumber (guru atau dosen) menyampaikan
informasi atau ilmu pengetahuan kepada sekelompok siswa.
Banyak media yang dapat digunakan dalam model I ini, misalnya
flip chart, papan tulis elektronik dan medium yang sangat simpel
penggunaannya, yaitu overhead transparansi.
Setiap jenis media memiliki kelebihan dan keterbatasan masing-
masing. Medium overhead transparansi, misalnya, merupakan
medium yang sangat populer penggunaannya. Untuk keperluan
interaksi pembelajaran tatap muka medium ini memiliki kelebihan
antara lain:
a. memusatkan perhatian terhadap materi
b. membuat proses pembelajaran menjadi lebih sistematis
c. memungkinkan terjadinya eye contact antara instruktur
dengan learner
d. meningkatkan rasa percaya diri instruktur
e. meningkatkan kualitas proses pembelajaran.
103