Page 116 - Cakrawala Pendidikan
P. 116

Atwi           dkk


        pembelajaran  tatap  muka  tidak  diperlukan  dalam  model  ini.  Siswa
        ditugaskan  untuk  melaksanakan  eksperimen  di  laboratorium  atau
        aktivitas  belajar  dalam  bentuk  lain  dengan  bantuan  study  guide
        tertulis dari instruktur atau tutor yang berada pada tempat terpisah.
        Model II  dan  Ill merupakan proses belajar tipikal yang  berlangsung
        pada  sistem  belajar  jarak  jauh.  Dalam  sistem  ini  proses  belajar
        lebih  ditentukan  oleh  media  komunikasi  yang  digunakan.  Pada
        negara yang  memil1ki  wilayah  geografis yang  luas  medium televisi
        dan  radio  kerap  digunakan  untuk  menyampaikan  materi
        pembelajaran kepada siswa.
        Model IV
        Teknologi  informasi  yang  digunakan  pada  Model  IV  tergolong
        dalam teknologi informasi yang  mentransformasikan informasi satu
        arah  (one  way)  seperti  media  cetak  kaset  audio  dan  video  dan
        teknologi  yang  mampu  menciptakan  proses  pembelajaran
        interaktif.  Secara  spesifik  teknologi  informasi  yang  dipergunakan
        dalam model IV dibagi ke dalam dua kelompok yaitu:
        1)   Teknologi  informasi  atau  media  yang   memungkinkan
            terjadinya  interaksi  antara  instruktur  dengan  siswa  (learner)
            dan  antara  kelompok  siswa  dengan  kelompok  siswa  yang
            lain.
        2)   Media  yang  memberi  kemungkinan  bagi  siswa  untuk
            melakukan interaksi dengan  media informasi seperti computer
            based instruction dan video interaktif.

        Dengan demikian, media yang akan dimanfaatkan tergantung pada
        model  pembelajaran.  Disamping  itu,  pemanfaatan  kombinasi  dari
        beberapa  jenis  media  lebih  direkomendasikan  karena  dapat
        menutup keterbatasan penggunaan satu jenis media.

        Strategi Penyampaian Materi Pembelajaran

        Kita harus membedakan antara proses perancangan pembelajaran
        dengan  penyampaian  isi  pembelajaran  tersebut.  Pendekatan
        sistem  adalah  proses  perancangan,  sedangkan  pengajar,  modul,
        komputer,  televisi/video  ataupun  radio/audio  adalah  mekanisme
        penyampaian  materi  pembelajaran.  Mekanisme  penyampaian  ini



        106
   111   112   113   114   115   116   117   118   119   120   121