Page 116 - Cakrawala Pendidikan
P. 116
Atwi dkk
pembelajaran tatap muka tidak diperlukan dalam model ini. Siswa
ditugaskan untuk melaksanakan eksperimen di laboratorium atau
aktivitas belajar dalam bentuk lain dengan bantuan study guide
tertulis dari instruktur atau tutor yang berada pada tempat terpisah.
Model II dan Ill merupakan proses belajar tipikal yang berlangsung
pada sistem belajar jarak jauh. Dalam sistem ini proses belajar
lebih ditentukan oleh media komunikasi yang digunakan. Pada
negara yang memil1ki wilayah geografis yang luas medium televisi
dan radio kerap digunakan untuk menyampaikan materi
pembelajaran kepada siswa.
Model IV
Teknologi informasi yang digunakan pada Model IV tergolong
dalam teknologi informasi yang mentransformasikan informasi satu
arah (one way) seperti media cetak kaset audio dan video dan
teknologi yang mampu menciptakan proses pembelajaran
interaktif. Secara spesifik teknologi informasi yang dipergunakan
dalam model IV dibagi ke dalam dua kelompok yaitu:
1) Teknologi informasi atau media yang memungkinkan
terjadinya interaksi antara instruktur dengan siswa (learner)
dan antara kelompok siswa dengan kelompok siswa yang
lain.
2) Media yang memberi kemungkinan bagi siswa untuk
melakukan interaksi dengan media informasi seperti computer
based instruction dan video interaktif.
Dengan demikian, media yang akan dimanfaatkan tergantung pada
model pembelajaran. Disamping itu, pemanfaatan kombinasi dari
beberapa jenis media lebih direkomendasikan karena dapat
menutup keterbatasan penggunaan satu jenis media.
Strategi Penyampaian Materi Pembelajaran
Kita harus membedakan antara proses perancangan pembelajaran
dengan penyampaian isi pembelajaran tersebut. Pendekatan
sistem adalah proses perancangan, sedangkan pengajar, modul,
komputer, televisi/video ataupun radio/audio adalah mekanisme
penyampaian materi pembelajaran. Mekanisme penyampaian ini
106