Page 110 - Cakrawala Pendidikan
P. 110

AtwiSupanna~dkk

        konsep  pusat sumber  belajar,  sebagai  perkawinan  antara  konsep
        perpustakaan,  pusat  produksi  dan  koleksi  media  instruksional,
        serta konsep layanan desain instruksional bagi praktisi pendidikan.
        Tingkat adopsi  konsep  pusat sumber belajar  ternyata  tidak  terlalu
        memuaskan,  karena  beragam  kendala.     Penerapan  desain
        instruksional untuk sementara dilakukan secara individual oleh  ahli
        desain instruksional dalam upaya-upaya yang berskala mikro.

        Secara  kelembagaan,  integrasi  teknologi  pendidikan  ke  dalam
        kementrian  pendidikan dan  kebudayaan,  yaitu  melalui didirikannya
        Pusat  Teknologi  dan  Komunikasi  Pendidikan  dan  Kebudayaan
        (Pusat  TKPK)  di  bawah  Badan  Penelitian  dan  Pengembangan
        Pendidikan dan  Kebudayaan  (BP3K) (sekarang adalah  Pustekkom
        di  bawah  Balitbang  Dikbud)  merupakan  suatu  tanda  yang  positif.
        Hal  ini  juga  bersamaan  dengan  dibukanya  program  pendidikan
        teknologi pendidikan di banyak IKIP/FKIP (LPTK) di Indonesia, baik
        pada jenjang Strata 1 maupun kemudian pada jenjang Strata 2 dan
        Strata 3.
        Namun  demikian,  desain  instruksional  sebagai  bagian  utama  dari
        teknologi  pendidikan  mengalami  masa  gemilang  ketika  diterapkan
        secara  makro  melalui  institusi  resmi,  yaitu  melalui  pendirian
        Universitas Terbuka pada tahun 1984. Segala aktivitas yang terjadi
        dalam  Universitas  Terbuka  merupakan  aktivitas  yang  langsung
        menerapkan    pnns1p-pnns1p   teknologi   pendidikan.   Sistem
        outsourcing yang dilakukan oleh  Universitas Terbuka dalam proses
        pengembangan  program  akademik,  pengembangan  bahan  ajar
        (cetak  dan  non-cetak),  penyediaan  bantuan  belajar,  serta
        pengembangan  ujian,  menjadi  cara  yang  amat  berharga  dalam
        proses  diseminasi konsep teknologi  pendidikan  secara  umum  dan
        desain  instruksional  secara  khusus  kepada  khalayak  perguruan
        tmggi di Indonesia.
        Proses  diseminasi  desain  instruksional  di  Indonesia juga  menarik
        perhatian  Bank  Dunia  yang  mengalokasikan  satu  unit  dari
        proyeknya  (Bank  Dunia  XVII)  untuk  mendirikan  Pusat  Antar
        Universitas  untuk  Peningkatan  dan  Pengembangan  Aktivitas
        lnstruksional yang  ditempatkan  di  bawah  Universitas Terbuka.  Ide
        dasar  dari  PAU-PPAI-UT  adalah  menyediakan  bantuan  bagi
        seluruh  perguruan  tinggi  di  Indonesia  dalam  hal  pengembangan



         100
   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114   115