Page 104 - Cakrawala Pendidikan
P. 104

Atwi


         tradisional,  maupun  kajian  alternatif  yang  bersifat  kualitatif.
         Walaupun  beragam  hasil  penelitian  memberikan  perspektif  yang
         berbeda-beda  terhadap  desain  instruksional,  ada  beberapa  aliran
         pemikiran  yang  menjadi  acuan  dan  landasan  bagi  desain
         instruksional,  yaitu  general  systems  theory,  teori  psikologi,  teori
         instruksional, dan teori komunikasi.

         General   systems    theory   mempengaruhi    desain   sistem
         instruksional  melalui  premis  dasar  logika  deduktif,  praktek-praktek
         yang  sudah  diujicoba,  dan  hasil-hasil  pembuktian  penerapan.  Di
         samping  itu,  desain  instruksional  sangat  kuat  bersandar  pada
         b1dang  ilmu  psikologi belaJar,  yaitu teori belajar dan teori psikologi.
         Secara  tradis1onal,   teori   belajar  behav1onsme   mempunya1
         pengaruh  kuat  terhadap  desain  instruksional.   Namun  seJalan
         dengan  perkembangan  ilmu  psikologi,  teori  belajar  kognitif  dan
         pendekatan  konstruktivisme  mulai  terasa  pengaruhnya  terhadap
         desain instruksional.

         Sementara  itu,  teori  instruksional  terutama  berfokus  kepada
         interaksi   beragam   komponen   instruksional   dalam   proses
         perancangan  suatu  pengalaman  belajar,  misalnya  komponen
         materi  yang  akan  disajikan,  klasifikasi  keterampilan  yang  dicapai
         dalam  belajar,  media  instruksional,  metode  instruksional,  umpan
         balik,  serta penguatan.  Sedangkan teori komunikasi memberikan
         landasan  proses  dialogis  yang  terjadi  dalam  suatu  proses
         instruksional.   Dalam   komunikasi,   proses   dialogis   dapat
         digambarkan  sebagai  proses  pengiriman  pesan  dari  pengirim
         melalui  media  tertentu  kepada  penerima.  kemudian  penerima
         pesan akan memberikan umpan balik bagi  pengirim pesan.  Proses
         ini  terjadi  berulang-ulang.  Keberhasilan  proses  terletak  pada
         manipulasi  stimulus  atau  pesan  oleh  pengirim  pesan,  karakteristik
         media,  kesiapan  penerima  pesan,  serta  kua!itas  umpan  balik.
         Proses yang sama terjadi da!am proses instruksional.
         Desain instruksiona! sendiri merupakan teori - seperangkat prinsip-
         prinsip  yang  menjelaskan  beragam  metode  instruksional  yang
         dapat  digunakan  untuk  beragam  situasi  instruksional  dalam
         mencapai  beragam  tujuan.  Dalam  hal  ini,  desain  instruksional
         terdiri  dari  dua  variabel  utama,  yaitu  tujuan  instruksional  dan
         kondisi  instruksional.  Tujuan  instruksional menjelaskan  hasil yang



         94
   99   100   101   102   103   104   105   106   107   108   109