Page 104 - Cakrawala Pendidikan
P. 104
Atwi
tradisional, maupun kajian alternatif yang bersifat kualitatif.
Walaupun beragam hasil penelitian memberikan perspektif yang
berbeda-beda terhadap desain instruksional, ada beberapa aliran
pemikiran yang menjadi acuan dan landasan bagi desain
instruksional, yaitu general systems theory, teori psikologi, teori
instruksional, dan teori komunikasi.
General systems theory mempengaruhi desain sistem
instruksional melalui premis dasar logika deduktif, praktek-praktek
yang sudah diujicoba, dan hasil-hasil pembuktian penerapan. Di
samping itu, desain instruksional sangat kuat bersandar pada
b1dang ilmu psikologi belaJar, yaitu teori belajar dan teori psikologi.
Secara tradis1onal, teori belajar behav1onsme mempunya1
pengaruh kuat terhadap desain instruksional. Namun seJalan
dengan perkembangan ilmu psikologi, teori belajar kognitif dan
pendekatan konstruktivisme mulai terasa pengaruhnya terhadap
desain instruksional.
Sementara itu, teori instruksional terutama berfokus kepada
interaksi beragam komponen instruksional dalam proses
perancangan suatu pengalaman belajar, misalnya komponen
materi yang akan disajikan, klasifikasi keterampilan yang dicapai
dalam belajar, media instruksional, metode instruksional, umpan
balik, serta penguatan. Sedangkan teori komunikasi memberikan
landasan proses dialogis yang terjadi dalam suatu proses
instruksional. Dalam komunikasi, proses dialogis dapat
digambarkan sebagai proses pengiriman pesan dari pengirim
melalui media tertentu kepada penerima. kemudian penerima
pesan akan memberikan umpan balik bagi pengirim pesan. Proses
ini terjadi berulang-ulang. Keberhasilan proses terletak pada
manipulasi stimulus atau pesan oleh pengirim pesan, karakteristik
media, kesiapan penerima pesan, serta kua!itas umpan balik.
Proses yang sama terjadi da!am proses instruksional.
Desain instruksiona! sendiri merupakan teori - seperangkat prinsip-
prinsip yang menjelaskan beragam metode instruksional yang
dapat digunakan untuk beragam situasi instruksional dalam
mencapai beragam tujuan. Dalam hal ini, desain instruksional
terdiri dari dua variabel utama, yaitu tujuan instruksional dan
kondisi instruksional. Tujuan instruksional menjelaskan hasil yang
94