Page 99 - Cakrawala Pendidikan
P. 99
Teknologi Pendidikan: Teori 0 0 0
Belajar individual sebagai salah satu keunikan dalam bidang
teknolog1 pendidikan dipicu oleh belajar terprogram yang sudah
muncul lebih dahuluo Di sini, individu yang belajr diberikan tugas-
tugas yang sangat terstruktur, harus melewati urutan-urutan yang
telah ditetapkan serta menyelesaikan serangkaian tes hasil belajar.
Konsep utama ketiga yang dikemukakan dalam definisi AECT
adalah pendekatan sistemo Pendekatan sistem ini awalnya lebih
banyak digunakan di kalangan militer dan dunia industri dimana
seringkali muncul kondisi kerja yang bersifat "manusia-mesin"o
Pendekatan sistem dalam hal ini sangat berguna terutama untuk
menyusun perencanaan yang terkoordinasi antara pemilihan
personil, pelatihan dan rancangan peralatano Dalam kaitannya
dengan pembelajaran, pendekatan sistem ini perlu digunakan
dalam membuat keputusan tentang penggunaan mesin-mesin dan
bahan-bahan sebagai alat bantu dalam pendidikano Perencanaan
ini seyogyanya dilakukan pada saat pengembangan kurikulum dari
suatu program, bukan pada tahap pelaksanaan pembelajaran di
kelaso
Beragamnya definisi tentang bidang teknologi pendidikan telah
diperkirakan oleh Gentry dan Csete (1991) di mana mereka
menyatakan bahwa masalah perumusan definisi ini masih akan
berlanjut di era tahun 90-ano
lni antara lain dibuktikan oleh Seels dan Richey yang
mengemukakan satu definisi terbaru dalam bidang teknologi
instruksional (perlu dicatat bahwa istilah teknologi pendidikan dan
teknologi instruksional seringkali digunakan secara bergantian
karena kedua istilah ini dianggap "sama")o Seels dan Richey (1994)
memberikan definisi teknologi instruksional sebagai berikut:
"teknologi instruksional merupakan teori dan praktek dari desain,
pengembangan, pemanfaatan, manajemen dan evaluasi proses
dan sumber-sumber untuk belajar"o Definisi ini juga dimaksudkan
untuk melingkupi keseluruhan dimensi tepri dan praktek bidang
teknologi instruksional. Tetapi nampaknya, Seels dan Richey
masih tetap menggunakan pijakan teori lama (yang dikembangkan
dari AECT) sambil mengakomodasikan perkembangan baru dari
penerapan teknologi instruksional di lapangano
89