Page 99 - Cakrawala Pendidikan
P. 99

Teknologi Pendidikan: Teori  0   0  0

       Belajar  individual  sebagai  salah  satu  keunikan  dalam  bidang
       teknolog1  pendidikan  dipicu  oleh  belajar  terprogram  yang  sudah
       muncul  lebih  dahuluo  Di  sini,  individu  yang  belajr  diberikan  tugas-
       tugas  yang  sangat terstruktur,  harus  melewati  urutan-urutan  yang
       telah ditetapkan serta menyelesaikan serangkaian tes hasil belajar.
       Konsep  utama  ketiga  yang  dikemukakan  dalam  definisi  AECT
       adalah  pendekatan  sistemo  Pendekatan  sistem  ini  awalnya  lebih
       banyak  digunakan  di  kalangan  militer  dan  dunia  industri  dimana
       seringkali  muncul  kondisi  kerja  yang  bersifat  "manusia-mesin"o
       Pendekatan  sistem  dalam  hal  ini  sangat  berguna  terutama  untuk
       menyusun  perencanaan  yang  terkoordinasi  antara  pemilihan
       personil,  pelatihan  dan  rancangan  peralatano  Dalam  kaitannya
       dengan  pembelajaran,  pendekatan  sistem  ini  perlu  digunakan
       dalam  membuat keputusan  tentang  penggunaan  mesin-mesin dan
       bahan-bahan  sebagai  alat  bantu  dalam  pendidikano  Perencanaan
       ini seyogyanya dilakukan  pada saat pengembangan  kurikulum dari
       suatu  program,  bukan  pada  tahap  pelaksanaan  pembelajaran  di
       kelaso
       Beragamnya  definisi  tentang  bidang  teknologi  pendidikan  telah
       diperkirakan  oleh  Gentry  dan  Csete  (1991)  di  mana  mereka
       menyatakan  bahwa  masalah  perumusan  definisi  ini  masih  akan
       berlanjut di era tahun 90-ano
       lni  antara  lain  dibuktikan  oleh  Seels  dan  Richey  yang
       mengemukakan  satu  definisi  terbaru  dalam  bidang  teknologi
       instruksional  (perlu  dicatat  bahwa  istilah  teknologi  pendidikan  dan
       teknologi  instruksional  seringkali  digunakan  secara  bergantian
       karena kedua istilah ini dianggap "sama")o  Seels dan  Richey (1994)
       memberikan  definisi  teknologi  instruksional  sebagai  berikut:
       "teknologi  instruksional  merupakan  teori  dan  praktek  dari  desain,
       pengembangan,  pemanfaatan,  manajemen  dan  evaluasi  proses
       dan  sumber-sumber untuk belajar"o  Definisi  ini juga dimaksudkan
       untuk  melingkupi  keseluruhan  dimensi  tepri  dan  praktek  bidang
       teknologi  instruksional.  Tetapi  nampaknya,  Seels  dan  Richey
       masih tetap  menggunakan  pijakan  teori  lama  (yang  dikembangkan
       dari  AECT)  sambil  mengakomodasikan  perkembangan  baru  dari
       penerapan teknologi instruksional di lapangano




                                                                 89
   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104