Page 95 - Cakrawala Pendidikan
P. 95
6. TEKNOLOGI PENDIDIKAN: HAKIKAT,
DESAIN, MEDIA, DAN STRA TEGI
PENYAMPAIAN
Atwi Suparrnan, Marisa, Paulina Pannen,
Benny Pribadi dan Dina Mustafa
Tulisan ini membahas teknologi pendidikan 1 sebagai teori dan
penerapannya dalam praktek pemecahan masalah pendidikan
secara umum di dunia dan di tanah air. Karena luasnya ruang
lingkup pembahasan, maka tulisan ini dibagi menjadi dua bagian.
Bagian pertama meliputi hakikat teknologi pendidikan, desain
instruksional, pemanfaatan media, dan strategi penyampaian
materi pembelajaran. Bagian kedua meliputi pembahasan tentang
difusi dan implementasi teknologi pendidikan, manajemen.
evaluasi, serta aplikasi teknologi pendidikan di berbagai sektor.
Hakikat Teknologi Pendidikan
Konsep dan Bidang
Teknologi pendidikan sebagai suatu konsep dan bidang mulai
dikenal dalam pendidikan pad a tahun 1960. Sejak saat itu.
berbagai definisi tentang teknologi pendidikan secara silih berganti
1 Istilah teknologi pendidikan dalam hal ini digunakan sebagai bagian
dari bidang ilmu pendidikan. Pada prakteknya, istilah ini seringkali
disamakan dengan istilah teknologi instruksional atau teknologi
pembelajaran, walaupun beberapa ahli menyatakan bahwa ruang
Iingkup teknologi pendidikan lebih luas daripada teknologi
instruksional. Dalam tulisan ini, istilah teknologi pendidikan memiliki
arti yang sama dengan teknologi instruksional.
85