Page 95 - Cakrawala Pendidikan
P. 95

6.  TEKNOLOGI PENDIDIKAN: HAKIKAT,
           DESAIN, MEDIA,  DAN STRA TEGI
           PENYAMPAIAN






       Atwi Suparrnan, Marisa, Paulina Pannen,
       Benny Pribadi dan Dina Mustafa


       Tulisan  ini  membahas  teknologi  pendidikan  1   sebagai  teori  dan
       penerapannya  dalam  praktek  pemecahan  masalah  pendidikan
       secara  umum  di  dunia  dan  di  tanah  air.  Karena  luasnya  ruang
       lingkup  pembahasan,  maka  tulisan  ini  dibagi  menjadi  dua  bagian.
       Bagian  pertama  meliputi  hakikat  teknologi  pendidikan,  desain
       instruksional,  pemanfaatan  media,  dan  strategi  penyampaian
       materi  pembelajaran.  Bagian  kedua  meliputi  pembahasan  tentang
       difusi  dan  implementasi  teknologi  pendidikan,  manajemen.
       evaluasi, serta aplikasi teknologi pendidikan di berbagai sektor.

       Hakikat Teknologi Pendidikan
       Konsep dan Bidang
       Teknologi  pendidikan  sebagai  suatu  konsep  dan  bidang  mulai
       dikenal  dalam  pendidikan  pad a  tahun  1960.  Sejak  saat  itu.
       berbagai definisi tentang teknologi  pendidikan  secara silih  berganti


       1   Istilah  teknologi  pendidikan  dalam  hal  ini  digunakan  sebagai  bagian
         dari  bidang  ilmu  pendidikan.  Pada  prakteknya,  istilah  ini  seringkali
         disamakan  dengan  istilah  teknologi  instruksional  atau  teknologi
         pembelajaran,  walaupun  beberapa  ahli  menyatakan  bahwa  ruang
         Iingkup  teknologi  pendidikan   lebih  luas  daripada  teknologi
         instruksional.  Dalam tulisan  ini,  istilah teknologi pendidikan memiliki
         arti yang sama dengan teknologi instruksional.




                                                                 85
   90   91   92   93   94   95   96   97   98   99   100