Page 97 - Cakrawala Pendidikan
P. 97
Teknologi Pendidikan: Teori ...
audiovisual itu sendiri ketimbang faktor desain, pengembangan,
produksi, evaluasi dan manajemen produk tersebut.
Kelemahannya yang lain adalah bahan-bahan audiovisual lebih
dipandang sebagai alat bantu dalam pembelajaran, bukan sebagai
sumber belajar yang dapat dimanfaatkan secara utuh oleh si
belajar. Dari sini, maka kerangka konsep teknologi pendidikan
bergeser menuju pemikiran pembelajaran sebagai suatu proses
komunikasi (Serlo, 1960}. Dalam hal ini pembelajaran merupakan
suatu proses penyampaian pesan dari sumber pesan kepada
penerima pesan melalui berbagai saluran. Di sini terlihat bahwa
pembelajaran tidak hanya semata-mata terkait dengan materi yang
akan disampaikan tetapi juga berhubungan erat dengan komponen
sumber materi, saluran maupun penerima materi pembelajaran.
Sejalan dengan pengaruh komunikasi dalam pembelajaran, muncul
pula perkembangan lain yang saat ini menjadi kerangka konsep
teknologi pendidikan yaitu konsep pendekatan sistem (Finn, 1961}.
Ia mengemukakan bahwa konsep sistem dalam teknologi
pendidikan adalah konsep untuk memadukan pembelajaran massal
dan individual dengan pembelajaran konvensional menjadi sistem
instruksional yang utuh.
Lumsdaine (1964), membedakan konsep teknologi pendidikan dari
dua sisi. Sisi pertama, teknologi pendidikan merupakan penerapan
ilmu dan teknologi ke dalam rancangan perangkat pembelajaran.
Hal ini amat berkaitan dengan penggunaan perangkat audiovisual
dalam pendidikan. Sisi kedua, dalam teknologi pendidikan,
berkaitan dengan penerapan i!mu tingkah laku (behavioral
sciences) untuk menghasilkan teknologi yang berhubungan
dengan belajar, muncullah berbagai teori tentang pembelajaran,
termasuk didalamnya programmed learning.
Setelah lebih dari dua dasawarsa bidang ini digunakan, maka
muncullah suatu kerangka pemikiran baru tentang apa yang
disebut teknologi pendidikan. AECT (1977). mencoba merumuskan
kembali konsep teknologi pendidikan yang bersifat lebih
menyeluruh. Perumusan kembali landasan konseptual teknologi
pendidikan tetap tidak terlepas dari nuansa teknologi yang
memang merupakan cikal bakal lahirnya bidang teknologi
pendidikan.
87