Page 97 - Cakrawala Pendidikan
P. 97

Teknologi Pendidikan: Teori ...


      audiovisual  itu  sendiri  ketimbang  faktor  desain,  pengembangan,
      produksi,   evaluasi   dan   manajemen     produk    tersebut.
      Kelemahannya  yang  lain  adalah  bahan-bahan  audiovisual  lebih
      dipandang sebagai alat bantu  dalam pembelajaran,  bukan  sebagai
      sumber  belajar  yang  dapat  dimanfaatkan  secara  utuh  oleh  si
      belajar.  Dari  sini,  maka  kerangka  konsep  teknologi  pendidikan
      bergeser  menuju  pemikiran  pembelajaran  sebagai  suatu  proses
      komunikasi (Serlo,  1960}.  Dalam hal  ini  pembelajaran  merupakan
      suatu  proses  penyampaian  pesan  dari  sumber  pesan  kepada
      penerima  pesan  melalui  berbagai  saluran.  Di  sini  terlihat  bahwa
      pembelajaran tidak hanya semata-mata terkait dengan materi yang
      akan disampaikan tetapi juga berhubungan erat dengan komponen
      sumber materi, saluran maupun penerima materi pembelajaran.
      Sejalan dengan pengaruh komunikasi dalam pembelajaran, muncul
      pula  perkembangan  lain  yang  saat  ini  menjadi  kerangka  konsep
      teknologi pendidikan yaitu konsep pendekatan sistem (Finn,  1961}.
       Ia  mengemukakan  bahwa  konsep  sistem  dalam  teknologi
      pendidikan adalah konsep untuk memadukan pembelajaran massal
      dan  individual  dengan  pembelajaran  konvensional  menjadi  sistem
      instruksional yang utuh.
       Lumsdaine (1964),  membedakan konsep teknologi pendidikan dari
      dua sisi. Sisi pertama, teknologi pendidikan merupakan penerapan
      ilmu  dan  teknologi  ke  dalam  rancangan  perangkat  pembelajaran.
       Hal  ini  amat berkaitan  dengan  penggunaan  perangkat audiovisual
      dalam  pendidikan.  Sisi  kedua,  dalam  teknologi  pendidikan,
      berkaitan  dengan  penerapan  i!mu  tingkah  laku  (behavioral
      sciences)  untuk  menghasilkan  teknologi  yang  berhubungan
      dengan  belajar,  muncullah  berbagai  teori  tentang  pembelajaran,
      termasuk didalamnya programmed learning.
       Setelah  lebih  dari  dua  dasawarsa  bidang  ini  digunakan,  maka
       muncullah  suatu  kerangka  pemikiran  baru  tentang  apa  yang
       disebut teknologi pendidikan. AECT (1977).  mencoba merumuskan
       kembali  konsep  teknologi  pendidikan  yang  bersifat  lebih
       menyeluruh.  Perumusan  kembali  landasan  konseptual  teknologi
       pendidikan  tetap  tidak  terlepas  dari  nuansa  teknologi  yang
       memang  merupakan  cikal  bakal  lahirnya  bidang  teknologi
       pendidikan.



                                                                 87
   92   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102