Page 102 - Cakrawala Pendidikan
P. 102

AtwiSuparma~dkk


          perencanaan  instruksional  baik  secara  mikro  maupun  secara
          makro.   Pada   skala   makro,   desain   instruksional   meliputi
          perancangan strategis dan  prosedur dalam program akademik dan
          kuriku!um  program  studi.  Sementara  pada  skala  mikro,  desain
          instruksional  meliputi  perancangan  strategis  dan  prosedur  dalam
          mata  ku!iah  atau  paket  belajar.  Sementara  itu,  pengembangan
          instruksional   merupakan   kegiatan   lanjutan   dari   desain
          instruksional,  yaitu  kegiatan  yang  berkenaan  dengan  upaya
          pemahaman,     peningkatan,   dan   penerapan   metode   untuk
          menciptakan    suatu   proses   instruksional.   Pengembangan
          instruksional,  sebagai  kegiatan  profesional,  dapat  dianalogikan
          seperti  proses  pembangunan  sebuah  gedung  dari  cetak  biru  yang
          dihasilkan  seorang  arsitek.  Cetak  biru  dalam  hal  ini  adalah  resep
          yang  dihasi!kan  dari  proses  desain  instruksional.  Arsitek  adalah
          ahli  desain  instruksional.  Proses  pembangunan  gedung  adalah
          proses  perwujudan  resep  menjadi  sumber  belajar  yang  dapat
          digunakan  dalam  suatu  kegiatan  instruksional.   Hasil  dari
          pengembangan  instruksional  merupakan  sumber  belajar,  seperti
          bahan  ajar,  kontrak  perkuliahan,  GBPP  dan  atau  SAP  yang  siap
          digunakan (seperti gedung yang siap dipakai).

          Secara  umum,  dapat  dikatakan  bahwa  desain  instruksional
          merupakan proses untuk:
          a.   menganalisis apa yang harus disajikan/dipelajari oleh siswa
          b.   menentukan metode dan strategi instruksional untuk penyajian
          c.   melakukan ujicoba dan perbaikan
          d.   mengeva!uasi hasil belajar siswa.

          Walaupun  demikian,  desain  instruksional  berfokus  pada  proses
          perancangan  dan  penciptaan  kondisi  belajar,  bukan  hanya  pada
          kelengkapan  komponen  belajar.  Dengan fokus  tersebut,  maka ada
          empat  hal  yang  menjadi  perhatian  utama  ranah  desain
          instruksional,  yaitu  desain  sistem  instruksional,  desain  pesan,
          strategi instruksional, dan karakteristik siswa.

          Desain  sistem  instruksional  (DSI)  merupakan  prosedur  yang
          sistematis  dalam  menganalisis,  merancang,  mengembangkan,
          melaksanakan,  dan  mengevaluasi  pembelajaran.  DSI  merupakan
          prosedur  yang  linear  dan  mempersyaratkan  konsistensi  serta
          kecermatan   yang   tinggi.   DSI   memiliki  karakteristik  yang


          92
   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106   107