Page 103 - Cakrawala Pendidikan
P. 103
Teknologi Pendidikan: Teori ...
mengharuskan semua tahapan diselesaikan dengan benar dan
baik untuk menjadi "checking point" an tar tahapan.
Desain pesan merupakan perencanaan untuk manipulasi bentuk
fisik suatu pesan. Desain pesan meliputi prinsip perhatian,
persepsi, dan retensi yang disebabkan karena kekhususan dari
bentuk fisik pesan agar terjadi proses komunikasi antara pengirim
pesan dan penerima pesan. Prinsip desain pesan akan berbeda
tergantung pada jenis media statis, dinamis, atau kombinasi, dan
pada tujuan pesan yang disampaikan - misalnya pembentukan
sikap atau pemahaman konsep, pengembangan keterampilan
belajar, atau hanya untuk mengingat saja.
Strategi instruksional merupakan prinsip-prinsip dalam pemilihan
dan pemilahan urutan pengalaman belajar dalam satu proses
instruksional. Strategi instruksional berkaitan erat dengan situasi
belajar yang sering digambarkan sebagai model instruksional.
Model instruksional dan strategi instruksional yang diperlukan
dalam menjalankan suatu model akan sangat berbeda tergantung
pada situasi belajar, struktur materi yang disampaikan, dan tujuan
instruksional yang diinginkan. Teori tentang strategi instruksional
meliputi situasi belajar - belajar situasional. belajar induktif, dan
komponen proses instruksional- motivasi dan elaborasi.
Karakteristik siswa merupakan tahap-tahap dalam pengalaman
konkret siswa yang berdampak terhadap efektivitas suatu proses
belajar. Melalui penelaahan karakteristik siswa, maka dapat
dirancang pengalaman belajar yang perlu ada dalam suatu proses
instruksiona!. Karakteristik siswa berdampak terhadap komponen
instruksional yang ada dalam kategori strategi instruksional, juga
terhadap situasi atau konteks dan materi yang disajikan.
Landasan Teori
Desain instruksional merupakan ranah teknologi instruksional yang
sangat kuat didukung oleh hasil penelitian. Dibandingkan dengan
ranah-ranah yang lain, maka ranah desain instruksional sangat
menonjol karena kayanya ranah tsb. akan landasan teori maupun
praktis. Semua prinsip maupun prosedur dalam desain
instruksional merupakan hasil dari kajian empiris secara
93