Page 98 - Cakrawala Pendidikan
P. 98
Atwi dkk
Perbedaannya yang mendasar terletak pada asumsi yang
digunakan yaitu (a)keterpaduan orientasi, (b) berorientasi pada
masa sekarang dan masa yang akan datang, (c) berorientasi pada
proses, (d) berorientasi pada teori serta (e) konsisten dengan
keadaan pendidikan dan masyarakat baik pada masa sekarang
maupun yang akan datang.
Teknologi Pendidikan Dari Masa Ke Masa
Sebagai suatu bidang, teknologi pendidikan mulai diakui
keberadaannya dalam peri ode 1967-1972. Orang-orang yang
bekerja dalam bidang ini boleh berbangga hati karena
pekerjaannya sebagai "ahli teknologi pendidikan " yang mempunyai
cakupan luas dalam semua sektor pendidikan.
Dukungan resmi pertama untuk bidang teknologi pendidikan terjadi
pada tahun 1967 dengan didirikannya The United Kingdom of the
National Council for Educational Technology, dan Department of
Audiovisual Instruction of the National Education Association for
Educational Communications and Technology pada tahun 1970.
Semakin lama, lembaga-lembaga yang berkecimpung dalam
bidang teknologi pendidikan semakin banyak, misalnya; munculnya
National Center For Educational Technology yang merupakan
bag ian dari National Institute Of Education.
Seiring dengan semakin meluasnya penggunaan teknologi
pendidikan, maka semakin terasa pula kebutuhan akan adanya
definisi untuk bidang ini. Salah satu definisi yang komprehensif
dikemukakan dalam AECT (1973) yang memperlihatkan keunikan
bidang teknologi pendidikan yang tercermin dari tiga konsep
utamanya yaitu: penggunaan berbagai jenis sumber belajar,
penekanan pada belajar individual dan personal, serta penggunaan
pendekatan sistem.
Penggunaan berbagai jenis sumber belajar sebenarnya merupakan
perluasan istilah terdahulu yang kerapkali digunakan untuk
menggambarkan bidang teknologi pendidikan yaitu "bahan-ffi3han
audio visual". lstilah sumber belajar nampaknya lebih tepat
digunakan dalam konteks ini karena istilah ini sesungguhnya
merujuk kepada "bahan-bahan audiovisual, lingkungan
pembelajaran (seperti sekolah), dan nara sumber".
88