Page 98 - Cakrawala Pendidikan
P. 98

Atwi           dkk

          Perbedaannya  yang  mendasar  terletak  pada  asumsi  yang
          digunakan  yaitu  (a)keterpaduan  orientasi,  (b)  berorientasi  pada
          masa sekarang dan masa yang  akan datang,  (c)  berorientasi pada
          proses,  (d)  berorientasi  pada  teori  serta  (e)  konsisten  dengan
          keadaan  pendidikan  dan  masyarakat  baik  pada  masa  sekarang
          maupun yang akan datang.

          Teknologi Pendidikan Dari Masa Ke Masa
          Sebagai  suatu  bidang,  teknologi  pendidikan  mulai  diakui
          keberadaannya  dalam  peri ode  1967-1972.  Orang-orang  yang
          bekerja  dalam  bidang  ini  boleh  berbangga  hati  karena
          pekerjaannya sebagai "ahli teknologi pendidikan " yang  mempunyai
          cakupan luas dalam semua sektor pendidikan.
          Dukungan resmi pertama untuk bidang  teknologi pendidikan terjadi
          pada  tahun  1967  dengan  didirikannya  The  United Kingdom  of the
          National  Council  for  Educational  Technology,  dan  Department  of
          Audiovisual  Instruction  of the  National  Education  Association  for
          Educational  Communications  and  Technology  pada  tahun  1970.
          Semakin  lama,  lembaga-lembaga  yang  berkecimpung  dalam
          bidang teknologi pendidikan semakin  banyak,  misalnya;  munculnya
          National  Center  For  Educational  Technology  yang  merupakan
          bag ian dari National Institute Of Education.
          Seiring  dengan  semakin  meluasnya  penggunaan  teknologi
          pendidikan,  maka  semakin  terasa  pula  kebutuhan  akan  adanya
          definisi  untuk  bidang  ini.  Salah  satu  definisi  yang  komprehensif
          dikemukakan  dalam AECT  (1973)  yang  memperlihatkan  keunikan
          bidang  teknologi  pendidikan  yang  tercermin  dari  tiga  konsep
          utamanya  yaitu:  penggunaan  berbagai  jenis   sumber  belajar,
          penekanan pada belajar individual dan personal, serta penggunaan
          pendekatan sistem.
          Penggunaan berbagai jenis sumber belajar sebenarnya merupakan
          perluasan  istilah  terdahulu  yang  kerapkali  digunakan  untuk
          menggambarkan  bidang  teknologi  pendidikan  yaitu  "bahan-ffi3han
          audio  visual".  lstilah  sumber  belajar  nampaknya  lebih  tepat
          digunakan  dalam  konteks  ini  karena  istilah  ini  sesungguhnya
          merujuk    kepada   "bahan-bahan    audiovisual,   lingkungan
          pembelajaran (seperti sekolah), dan nara sumber".



          88
   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103