Page 167 - Cakrawala Pendidikan
P. 167

9.  PEMBELAJARAN YANG BERFOKUS PADA
            PESERTA DIDIK:  KONSEP DAN PRASYARAT
            IMPLEMENTASII*l




        Aris Pongtuluran
        Arlinah Imam Rahardjo

        Pendahuluan

        Komisi  lnternasional  tentang  Pendidikan  Untuk  Abad  XXII  dalam
        laporannya  kepada  UNESCO,  menyebutkan  bahwa  dalam
        pengembangan  pendidikan  seumur  hidup  harus  berlandaskan
        pada  4  pilar  yaitu  belajar  mengetahui  (learning  to  know),  belajar
        berbuat  (learning  to  do),  belajar  hidup  bersama  (learning  to  live
        together)  dan  belajar  menjadi  seseorang  (learning  to  be)  (Delors,
        1996).

        Belajar Mengetahui adalah memadukan antara kesempatan untuk
        memperoleh  pengetahuan  umum  yang  cukup  luas  dengan
        kesempatan  untuk  bekerja  pada  sejumlah  subjek  yang  lebih  kecil
        secara  lebih  menda!am.  Dalam  pilar  ini,  kesempatan  untuk
        mengembangkan sikap dan cara belajar untuk belajar (learning to
        learn)  lebih  penting  daripada  sekedar  memperoleh  informasL
        Peserta  didik  bukan  hanya  disiapkan  untuk  dapat  menjawab
        permasalahan  dalam jangka  pendek,  tetapi juga untuk mendorong
        mereka  memahami  mengembangkan  rasa  ingin  tahu  intelektual,
        merangsang  p:kiran  kritls,  serta  mengembangkan  kemampuan
        mengambil  keputusan  secara  mandiri,  agar  dapat  menjadi  bekal
        sepanjang  hidup.  Belajar  Jenis  ini  dapat  dilakukan  melalui
        kesempatan-kesempatan    berdiskusi,   melakukan   percobaan-

        (•I Judul asli:  Student-Centerd Learning: The Urgency and Possibilities
        disampaik::m  dalam Seminar Innovative Approaches in  Higher Education
        di  Universitas Petra  Surabaya, Agustus  1999.


                                                                 !57
   162   163   164   165   166   167   168   169   170   171   172