Page 167 - Cakrawala Pendidikan
P. 167
9. PEMBELAJARAN YANG BERFOKUS PADA
PESERTA DIDIK: KONSEP DAN PRASYARAT
IMPLEMENTASII*l
Aris Pongtuluran
Arlinah Imam Rahardjo
Pendahuluan
Komisi lnternasional tentang Pendidikan Untuk Abad XXII dalam
laporannya kepada UNESCO, menyebutkan bahwa dalam
pengembangan pendidikan seumur hidup harus berlandaskan
pada 4 pilar yaitu belajar mengetahui (learning to know), belajar
berbuat (learning to do), belajar hidup bersama (learning to live
together) dan belajar menjadi seseorang (learning to be) (Delors,
1996).
Belajar Mengetahui adalah memadukan antara kesempatan untuk
memperoleh pengetahuan umum yang cukup luas dengan
kesempatan untuk bekerja pada sejumlah subjek yang lebih kecil
secara lebih menda!am. Dalam pilar ini, kesempatan untuk
mengembangkan sikap dan cara belajar untuk belajar (learning to
learn) lebih penting daripada sekedar memperoleh informasL
Peserta didik bukan hanya disiapkan untuk dapat menjawab
permasalahan dalam jangka pendek, tetapi juga untuk mendorong
mereka memahami mengembangkan rasa ingin tahu intelektual,
merangsang p:kiran kritls, serta mengembangkan kemampuan
mengambil keputusan secara mandiri, agar dapat menjadi bekal
sepanjang hidup. Belajar Jenis ini dapat dilakukan melalui
kesempatan-kesempatan berdiskusi, melakukan percobaan-
(•I Judul asli: Student-Centerd Learning: The Urgency and Possibilities
disampaik::m dalam Seminar Innovative Approaches in Higher Education
di Universitas Petra Surabaya, Agustus 1999.
!57