Page 169 - Cakrawala Pendidikan
P. 169

Pembelajaran Yang Berfokus ...


       perubahan  kebijakan  pendidikan  di  masa  akan  datang,  dalam
       kaitan dengan isi maupun metode.

       Pendidikan di Sekolah-sekolah Kita Saat Ini

       Tujuan  pendidikan  nasional  serta  tujuan  dari  masing-masing
       jenjang  pendidikan  seperti  yang  termasuk  di  dalam  sistem
       Pendidikan  Nasional  dan  Peraturan-peraturan  Pemerintah  Rl
       adalah sebagai berikut: (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,
       1992).
       •   Pendidikan   Nasional   bertujuan   untuk   mencerdaskan
           kehidupan  bangsa  dan  mengembangkan  manusia  Indonesia
           seutuhnya,  yaitu  manusia yang  beriman dan bertaqwa kepada
           Tuhan  Yang  Maha  Esa  dan  berbudi  pekerti  luhur,  memiliki
           pengetahuan dan keterampilan,  kesehatan jasmani dan  rohani,
           kepribadian  yang  mantap  dan  mandiri,  serta  rasa  tanggung
           jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
       •   Pendidikan   Prasekolah    bertujuan   untuk   membantu
           meletakkan  dasar ke  arah  perkembangan  sikap  pengetahuan,
           keterampilan  dan  daya  cipta  yang  diperlukan  oleh  peserta
           didik  dalam  menyesuaikan  diri  dengan  lingkungannya,  serta
           untuk pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya.
       •   Pendidikan  Dasar  bertujuan  untuk  memberikan  bekal
           kemampuan     dasar    kepada    peserta   didik   untuk
           mengembangkan  kehidupannya  sebagai  pribadi,  anggota
           masyarakat  warga  negara  dan  anggota  umat  manusia,  serta
           mempersiapkan  peserta  didik  untuk  mengikuti  pendidikan
           menengah.
       •   Pendidikan Menengah bertujuan untuk:
            a.  meningkatkan   pengetahuan   peserta   didik   untuk
               melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan
               untuk    mengembangkan      diri   sejalan   dengan
               perkembangan    ilmu   pengetahuan,   teknologi,   dan
               kesenian; serta untuk
            b.  meningkatkan  kemampuan  peserta didik sebagai anggota
               masyarakat  dalam  mengadakan  hubungan  timbal-balik
               dengan  lingkungan sosial,  budaya dan alam sekitarnya.



                                                                159
   164   165   166   167   168   169   170   171   172   173   174