Page 166 - Cakrawala Pendidikan
P. 166

memberikan keadaan awal yang besar pada  proses pembelajaran,
          sehingga proses belajar dapat berlangsung dalam waktu yang lebih
          pendek,  lihat  gambar  2.  Karakteristik  kurva  S  in1  menegaskan
          pentingnya bahan ajar prerequisite terhadap bahan ajar lainnya.
          Karakteristik  dasar proses  be!ajar  ini  dapat digunakan  untuk,  baik
          proses belajar mandiri maupun  untuk proses  pembelajaran.  Da!am
          belajar  mandiri,  pebelajar  harus  menjaga  sendiri  motivasi
          belajarnya  dan  memilih  urutan  belajar  dengan  baik,  agar  hasi!
          be!ajar  dapat  diperoleh  dengan  waktu  yang  pendek.  Sedangkan
          dalam  proses  pembelajaran,  hal  yang  harus  diperhatikan  antara
          lain  adalah,  bahwa  pada  kelompok  pebelajar,  masing-masing
          pebelajar  mempunyai  bentuk  kurva  S  sendiri-sendiri,  karena
          mereka  masing-masing  mempunyai  motivasi  dan  keadaan  awal
          pemahaman  bahan  ajar  yang  berbeda-beda.  Fasilitator  belajar
          harus  merangsang  dan  menjaga  motivasi  setiap  pebelajar.  Di
          samping  itu,  urutan  penyampaian  bahan  aJar  harus  dibuat  sebaik
          mungkin,  sehingga  urutan  proses  belajar,  yaitu  pengenalan.
          introduksi  konsep  dan  pemahaman  dapat  berlangsung  dengan
          baik.

          Daftar Pustaka

          Vandermeer,  J.   (1990).  Elementary  Mathematical  Ecology.
              Malabar, Florida : Krieger PubL  Co.
          Kreyszig,  E.  (1988).  Advanced  Engineering  Mathematics.  New
              York: John Wiley & Sons.
          Purcell,  EJ.  dan  Varberg,  D.  (1990).  Kalkulus  dan  Geometri
              Analitis.  Edisi  keempat  Terjemahan  I  Nyoman  Susila  dkk.
              Surabaya:Erlangga.
















          156
   161   162   163   164   165   166   167   168   169   170   171