Page 166 - Cakrawala Pendidikan
P. 166
memberikan keadaan awal yang besar pada proses pembelajaran,
sehingga proses belajar dapat berlangsung dalam waktu yang lebih
pendek, lihat gambar 2. Karakteristik kurva S in1 menegaskan
pentingnya bahan ajar prerequisite terhadap bahan ajar lainnya.
Karakteristik dasar proses be!ajar ini dapat digunakan untuk, baik
proses belajar mandiri maupun untuk proses pembelajaran. Da!am
belajar mandiri, pebelajar harus menjaga sendiri motivasi
belajarnya dan memilih urutan belajar dengan baik, agar hasi!
be!ajar dapat diperoleh dengan waktu yang pendek. Sedangkan
dalam proses pembelajaran, hal yang harus diperhatikan antara
lain adalah, bahwa pada kelompok pebelajar, masing-masing
pebelajar mempunyai bentuk kurva S sendiri-sendiri, karena
mereka masing-masing mempunyai motivasi dan keadaan awal
pemahaman bahan ajar yang berbeda-beda. Fasilitator belajar
harus merangsang dan menjaga motivasi setiap pebelajar. Di
samping itu, urutan penyampaian bahan aJar harus dibuat sebaik
mungkin, sehingga urutan proses belajar, yaitu pengenalan.
introduksi konsep dan pemahaman dapat berlangsung dengan
baik.
Daftar Pustaka
Vandermeer, J. (1990). Elementary Mathematical Ecology.
Malabar, Florida : Krieger PubL Co.
Kreyszig, E. (1988). Advanced Engineering Mathematics. New
York: John Wiley & Sons.
Purcell, EJ. dan Varberg, D. (1990). Kalkulus dan Geometri
Analitis. Edisi keempat Terjemahan I Nyoman Susila dkk.
Surabaya:Erlangga.
156