Page 178 - Cakrawala Pendidikan
P. 178

Aris Pongtuluran


          Penutup
          Kebutuhan  untuk  menerapkan  konsep  Student-Centered Learning
          telah  di  depan  mata,  tetapi  tidaklah  mudah.  Teori  boleh
          berkembang  tetapi  praktiknya  dapat  menjadi  lain.  Banyak  usaha
          penyangkalan,  penolakan,  maupun  kekagetan  akan  dijumpai  baik
          dari  pihak  peserta  didik,  pendidik,  serta  pihak-pihak  lain  terkait
          sebelum  konsep  ini  dapat diterima  dan  dirasakan  hasilnya.  Untuk
          itu,  diperlukan  komitmen  dari  banyak  pihak  untuk  melakukan
          perubahan  dalam  banyak  hal  yang  menyangkut  kebijakan,
          kurikulum,  pengembangan  sumber  daya  manusia,  penyediaan
          infrastruktur  serta  pendanaan.  Sehingga  dapat  ditemukan  bentuk
          yang  paling  tepat  dalam  mengembangkan  konsep  Student-
          Centered  Learning  untuk  masing-masing  institusi.  Saling  belajar
          dan  menimba  pengalaman  antar  institusi  pendidikan  merupakan
          juga  salah  satu  usaha  jaringan  kerjasama  untuk  dapat
          memantapkan langkah.

          Daftar Pustaka
          Burns,  (1997),  Multimedia as  a Quality Solution.  Quality  Progress.
              P.51-54.
          Colorado,  Division  of  Student  Affairs.  Culture  of  a  Student-
              Centered  Learning  Environment.  http://www.colorado.edu/
              sacs/stu-affairs/centered/concept.html.
          Delors, (1996).  Be/ajar: Harta Karun Di Dafamnya: Laporan Kepada
              Unesco  Dari Komisi  fnternasional  Tentang  Pendidikan  Untuk
              Abad XXI.  Paris:  Unesco.
          Eight Things  That  Can  Be  Done.  http://www.ils.nwu.edu/-fe_for_e/
              nodes/NODE-284-pg. html
          Felder,  M.  and  Brent,  Navigating  the  Bumpey Road  to  Student -
              Centered  Instruction.  http://www2.ncsu.edu/  unity/lockers/
              users/f/felder/public/Papers/Resist.html.
          Formal  Education  vs.  Childhood  Learning.  http:/www.ils.nwu.edu/
              -e_for _e/nodes/NODE-47 -pg.html.






          168
   173   174   175   176   177   178   179   180   181   182   183