Page 99 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 99

•   Pendidikan )arak )auh  pada  Tingkat Pendidikan  Tinggi



           Penerbitan,  Pusat  Produksi  Multi  Media,  Pusat  Komputer,  dan  Pusat
           Distribusi.  Prediksi  kebutuhan  bahan  ajar  ini  didasarkan  atas  data
           registrasi  mata  kuliah  yang  diambil  mahasiswa  pada  semester
           sebelumnya,  data  penjualan  di  UPBJJ,  dan  data  stok  yang  tersedia
           baik  di  gudang  UT  pusat  maupun  di  UPBJJ  (Sastrawan  Putra,
           2004:360;  Soleiman  &  Listyarini,  2004:  641-642).  Penentuan  tiras
           ini  untuk  menjamin  tersedianya  bahan  ajar  di  UPBJJ  pada  setiap
           mata kuliah yang diregistrasi mahasiswa.
              Selain  penentuan  tiras,  hal  yang  tidak  kalah  penting  dalam
           penyediaan  bahan  ajar adalah  masalah  distribusi.  Bagaimana  bahan
           ajar  dapat  diterima  oleh  mahasiswa  secara  cepat  dan  tepat.
           Ketepatan  waktu  dalam  penerimaan  bahan  ajar akan  mempengaruhi
           proses  belajar  mahasiswa.  Lebih  awal  mahasiswa  memperoleh
           bahan,  mahasiswa  menjadi  lebih  siap  dalam  menghadapi  ujian.
           Tetapi  dalam  kenyataannya  hal   1n1   sangat  tergantung  pada
           mahasiswa.  Dalam  sistem  registrasi  sepanjang  tahun,  pola  registrasi
           mahasiswa  sangat  bcrpengaruh  terhadap  kecepatan  penerimaan
           bahan  ajar.  Mahasiswa  yang  meregistrasi  pada  awal  semester  akan
           memiliki  kesempatan  belajar  yang  lebih  lama  sehingga  mahasiswa
           yang  bersangkutan  memiliki  waktu  yang  cukup  untuk  menguasai
           bahan  ajar.  Dengan  demikian,  mahasiswa  yang  bersangkutan  akan
           lebih  siap  dalam  menghadapi  ujian.  Sebaliknya,  bagi  mahasiswa
           yang  melakukan  registrasi  pada  akhir  semester  tidak  akan  memiliki
           waktu yang cukup untuk dapat menguasai bahan  ajar.


           b.  Proses  Be/ajar

              Dalam  PTJJ  proses  belajar  sangat  tergantung  pada  kemampuan
           mahasiswa.  Sistem  PTJJ  menuntut  mahasiswa  untuk  dapat  belajar
           secara  mandiri.  Dalam  sistem  belajar  mandiri  ini,  mahasiswa
           mempunyai  otonomi  yang  penuh  dalam  menentukan  waktu,  cara
           belajar,  dan  media  yang  digunakan  (cetak  atau  noncetak).



                                                                    81
   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104