Page 99 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 99
• Pendidikan )arak )auh pada Tingkat Pendidikan Tinggi
Penerbitan, Pusat Produksi Multi Media, Pusat Komputer, dan Pusat
Distribusi. Prediksi kebutuhan bahan ajar ini didasarkan atas data
registrasi mata kuliah yang diambil mahasiswa pada semester
sebelumnya, data penjualan di UPBJJ, dan data stok yang tersedia
baik di gudang UT pusat maupun di UPBJJ (Sastrawan Putra,
2004:360; Soleiman & Listyarini, 2004: 641-642). Penentuan tiras
ini untuk menjamin tersedianya bahan ajar di UPBJJ pada setiap
mata kuliah yang diregistrasi mahasiswa.
Selain penentuan tiras, hal yang tidak kalah penting dalam
penyediaan bahan ajar adalah masalah distribusi. Bagaimana bahan
ajar dapat diterima oleh mahasiswa secara cepat dan tepat.
Ketepatan waktu dalam penerimaan bahan ajar akan mempengaruhi
proses belajar mahasiswa. Lebih awal mahasiswa memperoleh
bahan, mahasiswa menjadi lebih siap dalam menghadapi ujian.
Tetapi dalam kenyataannya hal 1n1 sangat tergantung pada
mahasiswa. Dalam sistem registrasi sepanjang tahun, pola registrasi
mahasiswa sangat bcrpengaruh terhadap kecepatan penerimaan
bahan ajar. Mahasiswa yang meregistrasi pada awal semester akan
memiliki kesempatan belajar yang lebih lama sehingga mahasiswa
yang bersangkutan memiliki waktu yang cukup untuk menguasai
bahan ajar. Dengan demikian, mahasiswa yang bersangkutan akan
lebih siap dalam menghadapi ujian. Sebaliknya, bagi mahasiswa
yang melakukan registrasi pada akhir semester tidak akan memiliki
waktu yang cukup untuk dapat menguasai bahan ajar.
b. Proses Be/ajar
Dalam PTJJ proses belajar sangat tergantung pada kemampuan
mahasiswa. Sistem PTJJ menuntut mahasiswa untuk dapat belajar
secara mandiri. Dalam sistem belajar mandiri ini, mahasiswa
mempunyai otonomi yang penuh dalam menentukan waktu, cara
belajar, dan media yang digunakan (cetak atau noncetak).
81