Page 102 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 102
Pendidikan )arak )auh •
dijalankan sebagaimana mestinya, maka UT dapat memberikan
jaminan bahwa layanan UT telah memenuhi standar layanan PTJJ
yang berlaku dalam llngkungan PTJJ di manapun, bukan hanya level
Asia tetapi bahkan level dunia. Kerangka acuan tersebut disusun
berdasarkan standar internasional dengan memperhatikan sifat dasar
dan struktur PTJJ di manapun.
Sesuai sifat dasarnya, maka struktur PTJJ seperti UT harus
dibangun dengan memperhatikan hal-hal berikut:
• Kemungkinan terjadinya perubahan-perubahan dalam
program akademik, staf, jumlah mahasiswa, dan pengguna-
an teknologi komunikasi dan informasi.
• Dapat melayani tujuan jangka pendek dan jangka panjang.
• Memungkinkan terjadinya proses komunikasi antarunit dan
antara lembaga PTJJ dengan pihak luar.
• Adanya kejelasan peranan pimpinan pusat dan unit.
Agar struktur dasar tersebut dapat dijalankan, organisasi PTJJ
harus didukung dengan staf yang profesional dalam bidang
administrasi pendidikan, teknologi komunikasi dan informasi,
produksi bahan ajar, pergudangan, distribusi bahan ajar, serta
pengelolaan jaringan kerja sama (Suparman, 2004: 231 ).
2. Pembiayaan
Sebagai organisasi pendidikan, pengelolaan keuangan PTJJ harus
memperhatikan sumber penerimaan dan pengeluaran. Sumber
utama penerimaan adalah dari SPP mahasiswa dan penjualan bahan
ajar, baik cetak maupun elektronik. Sumber lainnya antara lain
adalah penjualan formulir dan produk PTJJ lainnya, serta penjualan
jasa seperti jasa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. UT
sebagai lembaga pendidikan milik pemerintah menerima anggaran
84