Page 100 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 100
Pendidikan ]arak ]auh •
Mahasiswa mempunyai kebebasan untuk menentukan waktu
belajar, apakah di rumah, memanfaatkan waktu luang di kantor, atau
di perpustakaan. Mahasiswa juga mempunyai kebebasan untuk
memilih cara belajar, apakah dengan cara belajar sendiri atau
berkelompok. Dalam sistem PTJJ mahasiswa memiliki kebebasan
pula dalam memilih media pembelajaran yang ada, apakah mau
menggunakan media bahan ajar tercetak atau media noncetak.
Hal terse but membedakan PTJJ dengan sistem kul iah tatap
muka. Dalam sistem tatap muka, mahasiswa tidak memiliki otonomi
dalam menentukan waktu dan tempat belajar serta media
pembelajaran yang digunakan. Semua itu sudah ditentukan oleh
penyelenggara pendidikan secara ketat. Dalam sistem tatap muka,
mahasiswa tidak dapat menentukan sendiri waktu belajar.
Penyelenggara pendidikan tatap muka telah menentukan jadwal
yang ketat yang mengatur kapan (waktu), di mana (tempat)
perkuliahan diberikan dengan media yang tatap muka atau media
lain yang dikelola oleh pengajar.
Untuk membantu mahasiswa dalam memahami bahan ajar, UT
menyediakan bantuan, baik bantuan konsultasi maupun bantuan
tutorial. Seperti halnya dengan bahan ajar, mahasiswa juga memiliki
kebebasan dalam menentukan bentuk tutorial. UT memberikan
bantuan tutorial melalui berbagai media. Mahasiswa memiliki
kebebasan untuk menentukan jenis tutorial apa yang paling cocok
baik dari segi waktu maupun biaya. jika mahasiswa memiliki waktu
untuk mengikuti tutorial tatap muka, UT menyediakan fasilitas
tutorial tatap muka seperti ruangan dan tutor. Mahasiswa yang tidak
memiliki waktu untuk mengikuti tutorial tatap muka, mereka dapat
mengikuti tutorial dengan jalan media elektronik. Mahasiswa yang
tidak dapat datang ke tempat tutorial tatap muka tetapi tidak
mempunyai akses internet, mereka dapat mengikuti tutorial melalui
surat yang dikirim melalui pos. Berbeda dengan perkuliahan dalam
82