Page 103 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 103

•   Pendidikan )arak )auh pada  Tingkat Pendidikan  Tinggi


            belanja,  baik  dalam  bentuk  dana  rutin  seperti  gaji  pegawai,
            perawatan  bangunan,  biaya  perjalanan,  maupun  dana  pengem-
            bangan.
               Penerimaan  tersebut  harus  dapat  menutupi  seluruh  biaya
            operasional  PTJJ.  Biaya  operasional  itu  meliputi  biaya  pengem-
            bangan  bahan  ajar baik cetak  maupun  elektronik,  biaya pengganda-
            an  bahan  ajar,  biaya  distribusi  bahan  ajar,  biaya  pengolahan  data
            mahasiswa,  biaya tutorial,  biaya pengembangan  soal  ujian dan  biaya
            penyelenggaraan  ujian.
               Dalam  perguruan  tinggi  tatap  muka,  penyelenggaraan  mata
            kuliah  tidak  banyak  memerlukan  biaya.  Untuk  membuka  mata
            kuliah  tertentu,  institusi  perguruan  tinggi  tatap  muka  tinggal
            menunjuk  dosen  yang  dianggap  memiliki  keahlian  yang  relevan.
            Tetapi  membuka  suatu  mata  kuliah  dalam  PTJJ  memerlukan  suatu
            proses  kegiatan  yang  panjang  serta  memakan  biaya  yang  tidak
            sedikit.  Pembukaan  mata  kuliah  diawali  dengan  penyusunan
            rancangan  bahan  ajar  yang  dituangkan  dalam  bentuk  profil
            rancangan  mata  kuliah.   Dalam  profil  rancangan  mata  kuliah
            tersebut  termuat  analisis  instruksiona!,  rancangan  materi  mata
            kuliah,  garis  besar  program  pembelajaran  yang  di  antaranya
            berisikan  kompetensi  mata  kuliah,  tujuan  pembelajaran,  modus
            pembelajaran,  dan  materi  pembelajaran  (Yunus  dan  Pannen,  2004:
            67).  Jika  penulis  mata  kuliah  diambil  dari  luar,  biasanya  terlebih
            dahulu  diawali  dengan  penataran  penulisan  rancangan  bahan  ajar,
            dan  penataran  penulisan bahan ajar.  Penulisan  bahan ajarnya sendiri
            umumnya  memerlukan  waktu  rata-rata  satu  tahun.  Dalam  masa
            penulisan  itu  biasanya diadakan  berbagai  kegiatan  seperti  lokakarya
            penulisan  bahan  ajar,  reviu  materi,  reviu  instruksional,  edit  bahasa,
            penentuan  kode mata kul iah,  dan  penentuan jadwal  ujian agar tidak
            bentrok  dengan  ujian  mata  kuliah  lainnya,  dan  memasukan  dalam
            buku  katalog  sebagai  mata  kuliah  yang  dapat  diregistrasi  oleh




                                                                     85
   98   99   100   101   102   103   104   105   106   107   108