Page 103 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 103
• Pendidikan )arak )auh pada Tingkat Pendidikan Tinggi
belanja, baik dalam bentuk dana rutin seperti gaji pegawai,
perawatan bangunan, biaya perjalanan, maupun dana pengem-
bangan.
Penerimaan tersebut harus dapat menutupi seluruh biaya
operasional PTJJ. Biaya operasional itu meliputi biaya pengem-
bangan bahan ajar baik cetak maupun elektronik, biaya pengganda-
an bahan ajar, biaya distribusi bahan ajar, biaya pengolahan data
mahasiswa, biaya tutorial, biaya pengembangan soal ujian dan biaya
penyelenggaraan ujian.
Dalam perguruan tinggi tatap muka, penyelenggaraan mata
kuliah tidak banyak memerlukan biaya. Untuk membuka mata
kuliah tertentu, institusi perguruan tinggi tatap muka tinggal
menunjuk dosen yang dianggap memiliki keahlian yang relevan.
Tetapi membuka suatu mata kuliah dalam PTJJ memerlukan suatu
proses kegiatan yang panjang serta memakan biaya yang tidak
sedikit. Pembukaan mata kuliah diawali dengan penyusunan
rancangan bahan ajar yang dituangkan dalam bentuk profil
rancangan mata kuliah. Dalam profil rancangan mata kuliah
tersebut termuat analisis instruksiona!, rancangan materi mata
kuliah, garis besar program pembelajaran yang di antaranya
berisikan kompetensi mata kuliah, tujuan pembelajaran, modus
pembelajaran, dan materi pembelajaran (Yunus dan Pannen, 2004:
67). Jika penulis mata kuliah diambil dari luar, biasanya terlebih
dahulu diawali dengan penataran penulisan rancangan bahan ajar,
dan penataran penulisan bahan ajar. Penulisan bahan ajarnya sendiri
umumnya memerlukan waktu rata-rata satu tahun. Dalam masa
penulisan itu biasanya diadakan berbagai kegiatan seperti lokakarya
penulisan bahan ajar, reviu materi, reviu instruksional, edit bahasa,
penentuan kode mata kul iah, dan penentuan jadwal ujian agar tidak
bentrok dengan ujian mata kuliah lainnya, dan memasukan dalam
buku katalog sebagai mata kuliah yang dapat diregistrasi oleh
85