Page 101 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 101
• Pendidikan ]arak ]auh pada Tingkat Pendidikan Tinggi
tatap muka, tutorial sifatnya hanya bantuan bimbingan belajar. Oleh
karena itu, dalam tutorial inisiatif harus datang dari mahasiswa. Dari
segi waktu, tutorial juga berbeda dengan kuliah tatap muka. Dalam
kuliah tatap muka, mahasiswa harus mengikuti kuliah satu semester
penuh sebanyak (umumnya) 16 kali pertemuan. Sedangkan dalam
sistem jarak jauh, tutorial hanya diberikan beberapa kali dalam satu
semester. Tutorial lebih bersifat bimbingan, bagaimana mengatur
strategi belajar, bagaimana memahami materi perkuliahan yang
disajikan baik melalui media cetak maupun elektronik, bagaimana
mempersiapkan ujian, dan sebagainya.
c. Evaluasi
Evaluasi merupakan alat untuk mengukur tingkat keberhasilan
mahasiswa dalam belajar. Di UT evaluasi diberikan dalam bentuk
tugas mand i ri, uj ian akh i r semester, dan uj ian komprehensif. T ugas
mandiri sebenarnya semacam tugas tengah semester, yaitu bentuk
soal/pertanyaan seputar bagian materi perkuliahan yang dikerjakan
secara individual eli rumah. Ujian akhir semester merupakan ujian
terstruktur yang diberikan kepada setiap mahasiswa eli dalam suatu
ruangan tertentu. Sedangkan ujian komprehensif adalah ujian yang
diberikan kepada mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya di
UT.
Dari segi institusi, evaluasi harus clilihat sebagai alat untuk
melakukan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu
pendidikan terhadap berbagai komponen pendiclikan pada setiap
jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggung-
jawaban penyelenggaraan pendidikan. Melalui komponen-
komponen yang terdapat dalam kerangka acuan jaminan kualitas
dalam PTJL Pusat Penjaminan Kualitas secara reguler melakukan
evaluasi untuk mengetahui apakah kerangka acuan tersebut dapat
dikerjakan oleh setiap unit terkait. jika kerangka acuan tersebut telah
83