Page 101 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 101

•   Pendidikan  ]arak ]auh pada  Tingkat Pendidikan  Tinggi


           tatap  muka, tutorial  sifatnya  hanya bantuan  bimbingan  belajar.  Oleh
           karena  itu,  dalam tutorial  inisiatif harus datang dari  mahasiswa.  Dari
           segi  waktu,  tutorial  juga  berbeda  dengan  kuliah  tatap  muka.  Dalam
           kuliah  tatap  muka,  mahasiswa  harus  mengikuti  kuliah  satu  semester
           penuh  sebanyak  (umumnya)  16  kali  pertemuan.  Sedangkan  dalam
           sistem  jarak  jauh,  tutorial  hanya  diberikan  beberapa  kali  dalam  satu
           semester.  Tutorial  lebih  bersifat  bimbingan,  bagaimana  mengatur
           strategi  belajar,  bagaimana  memahami  materi  perkuliahan  yang
           disajikan  baik  melalui  media  cetak  maupun  elektronik,  bagaimana
           mempersiapkan  ujian, dan sebagainya.


           c.   Evaluasi

              Evaluasi  merupakan  alat  untuk  mengukur  tingkat  keberhasilan
           mahasiswa  dalam  belajar.  Di  UT  evaluasi  diberikan  dalam  bentuk
           tugas  mand i ri,  uj ian  akh i r  semester,  dan  uj ian  komprehensif.  T  ugas
           mandiri  sebenarnya  semacam  tugas  tengah  semester,  yaitu  bentuk
           soal/pertanyaan  seputar  bagian  materi  perkuliahan  yang  dikerjakan
           secara  individual  eli  rumah.  Ujian  akhir  semester  merupakan  ujian
           terstruktur  yang  diberikan  kepada  setiap  mahasiswa  eli  dalam  suatu
           ruangan  tertentu.  Sedangkan  ujian  komprehensif  adalah  ujian  yang
           diberikan  kepada  mahasiswa  yang  akan  menyelesaikan  studinya  di
           UT.

              Dari  segi  institusi,  evaluasi  harus  clilihat  sebagai  alat  untuk
           melakukan  pengendalian,   penjaminan,  dan  penetapan  mutu
           pendidikan  terhadap  berbagai  komponen  pendiclikan  pada  setiap
           jalur,  jenjang,  dan  jenis  pendidikan  sebagai  bentuk  pertanggung-
           jawaban   penyelenggaraan   pendidikan.   Melalui   komponen-
           komponen  yang  terdapat  dalam  kerangka  acuan  jaminan  kualitas
           dalam  PTJL  Pusat  Penjaminan  Kualitas  secara  reguler  melakukan
           evaluasi  untuk  mengetahui  apakah  kerangka  acuan  tersebut  dapat
           dikerjakan oleh setiap  unit terkait.  jika kerangka  acuan  tersebut telah



                                                                   83
   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106