Page 107 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 107
• Pendidikan ]arak ]auh pada Tingkat Pendidikan Tinggi
biayanya-kabarnya-mencapai empat kali lipat dari biaya
perkuliahan di perguruan tinggi tatap muka.
3. Pengawasan
Untuk menjamin kualitas akademik da_n layanan administrasi
yang diberikan kepada mahasiswa, dalam lembaga PTJJ perlu ada
kontrol kualitas. Kualitas akademik UT dikontrol oleh Senat
Akademik. Sebagai badan normatif, Senat Akademik mengontrol
kualitas dan layanan akademik. Di samping itu, UT juga memiliki
Pusat jaminan Kualitas yang mengontrol apakah semua unit di UT
dapat bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Pengawasan
tersebut diarahkan pada terjadinya penyelenggaraan pendidikan
secara efektif dan efisien. Untuk menjamin setiap unit menjalankan
tugas dan fungsinya dalam rangka pemberian layanan yang
berkualitas, baik layanan administrasi maupun layanan akademik,
UT menyusun kerangka acuan jaminan kualitas yang dibagi dalam
sembilan komponen. Komponen tersebut meliputi kebijakan dan
perencanaan, pengadaan dan pengembangan sumber daya manusia,
manajemen dan administrasi, mahasiswa, perencanaan dan
pengembangan program, perencanaan dan pengembangan mata
kuliah, bantuan belajar bagi mahasiswa, pelayanan mahasiswa, dan
media pembelajaran. Kesembilan komponen kerangka acuan
tersebut dikembangkan oleh Asian Association of Open Universities
(AAOU), sebuah organisasi perguruan tinggi yang menyelenggara-
kan pembelajarannya melalui sistem jarak jauh. AAOU mengem-
bangkan kerangka acuan tersebut dalam rangka peningkatan kualitas
pendidikan jarak jauh yang diselenggarakan oleh anggotanya,
termasuk UT. Dengan melaksanakan kerangka acuan yang
dikembangkan AAOU, kualitas layanan UT diharapkan dapat
memenuhi standar internasional.
89