Page 111 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 111

•   Pendidikan )arak )auh pada  Tingkat Pendidikan  Tinggi


            pokok  mereka.  Ketiga,  pendidikan  jarak  jauh  tidak  memerlukan
            banyak  ruangan.  Keempat,  biaya pendidikan  relatif lebih  murah  bila
            dibandingkan  dengan  pendidikan  sistem  tatap  muka.  Kelima,
            pendidikan  jarak  jauh  dapat  dilakukan  dengan  menggunakan
            teknologi  pendidikan.  Melalui  teknologi  pendidikan  penyampaian
            pendidikan  dapat dirancang dengan  sesedikit  mungkin  sumber daya
            manusia,  tetapi  dapat  menimbulkan  terjadinya  suasana  dan
            kemauan  belajar  mahasiswa  sehingga  dapat  mengakibatkan  pula
            terjadinya  suatu  perubahan  perilaku  pada  mahasiswa.  Dengan
            demikian,  melalui  pemanfaatan  media  pendidikan,  sistem  belajar
            jarak  jauh  tidak  berbeda  kual itasnya  dengan  sistem  belajar  tatap
            muka.  Kelebihannya,  dengan  menggunakan  media  cetak  maupun
            elektronik (audio/video), sistem  belajar jarak jauh dapat menjangkau
            lebih  banyak  mahasiswa  dengan  pelibatan  staf  pengajar  yang  jauh
            lebih  sedikit,  karena  dimensi  ruang  dan  waktu  tidak  lagi  menjadi
            penentu.
               Atas  dasar pertimbangan  itu,  pada akhir tahun  1981  pemerintah
            melalui  Departemen  Pendidikan  dan  Kebudayaan  memutuskan
            mendirikan sebuah  universitas yang nonkonvensional dengan  sistem
            terbuka yang diberi nama Universitas Terbuka Indonesia (Indonesian
            Open  University-lOU)  yang  kemudian  berubah  namanya  menjadi
            Universitas  Terbuka  (UT).  Meskipun  gagasan  untuk  mendirikan  UT
            sudah  dimulai  sejak  1981,  panitia  persiapan  berdirinya  UT  baru
            secara  efektif   bekerja  pada  Oktober  1983.  Hal  itu  disebabkan
            adanya  keraguan  pada  level  pengambil  keputusan  di  lingkungan
            Depdikbud  (kini  Depdiknas).  Setelah  melalui  berbagai  kendala,
            akhirnya  pada  4  September  1984  UT  resmi  berdiri  yang  ditandai
            dengan  kuliah  pe~dana yang  disampaikan  melalui  TVRI  dan  RRI.
            Dengan  berdirinya  UT,  maka  Program  Belajar  jarak  jauh  Proyek
            Pengembangan  Pendidikan  Diploma  Kependidikan  dan  program
            Akta  Mengajar  V,  yang  semula  dikelola  oleh  Direktorat  jenderal
            Pendidikan Tinggi (Dikti) diserahkan kepada UT.



                                                                     93
   106   107   108   109   110   111   112   113   114   115   116