Page 116 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 116

Pendidikan  Jarak )auh   •


       media  komunikasi  dan  pembelajaran,  dan  distribusi  bahan  ajar.
       Dosen  bagi  perguruan  tinggi  seperti  UT  adalah  penulis  bahan  ajar
       dan  soal-soal  ujian.  Penyampaian  perkuliahan  di  UT  tidak  dapat
       dilakukan secara  langsung seperti  halnya pada  perguruan tinggi tatap
       muka,  tetapi  melalui  perantaraan  media,  baik  media  cetak  maupun
       noncetak  seperti  kaset,  CD,  DVD,  CAl,  dan  internet.  Materi
       perkuliahan  yang  baik  mungkin tidak dapat diterima mahasiswa  jika
       penggunaan  media  pembelajarannya  tidak  tepat.  Materi  yang  baik
       dengan  pilihan  media  yang  tepat  juga  belum  tentu  dapat  diterima
       oleh  mahasiswa  jika  disampaikan  dengan  bahasa  yang  tidak  baik.
       Dengan   melihat   kenyataan   ini,   penilaian   kualitas   tenaga
       pengajar/dosen  dalam  lembaga  pendidikan  jarak  jauh  tidak  hanya
       didasarkan  pada  gelar  atau  tingkat  pendidikan  tertentu  yang  telah
       ditempuh  oleh  seorang  dosen,  tetapi  juga  pada  kemampuannya
       dalam  memilih  dan  menggunakan  media  pembelajaran.  selain
       dituntut  memiliki  kemampuan  menguasai  materi  pembelajaran,
       dosen/penulis  bahan  ajar di  UT juga dituntut memiliki  kemampuan
       dalam bidang bahasa dan penggunaan  media.
           Masalah  lain  adalah  tentang  tugas  dan  fungsi  program  studi.
       Dalam  pendidikan  tatap  muka  program  studi  memiliki  tugas  dan
       fungsi  merencanakan,  mengendal ikan,  dan  menyelenggarakan
       perkuliahan  dengan  sarana  dan  prasarana  (SDM,  ruang  kuliah,
       perpustakaan,  dan  laboratorium)  yang  memadai,  dan  melaksanakan
       penelitian  dan  pengabdian  kepada  masyarakat.  Dalam  pendidikan
       jarak jauh,  program  studi  juga mempunyai tugas  mengadakan  bahan
       ajar  (dari  proses  penulisan  sampai  pencetakan)  dengan  berbagai
       media,  mendistribusikan  bahan  ajar,  memberikan  bantuan  belajar
       (tutorial  dan  konseling),  mengadakan  dan  mendistribusikan  soal
       ujian,  dan  melaksanakan  ujian
           Melihat  gambaran  tersebut  penilaian · atas  kelayakan  sebuah
       program  studi  pada  lembaga  pendidikan  jarak  jauh  lebih  rumit  bila



       98
   111   112   113   114   115   116   117   118   119   120   121