Page 117 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 117

•   Pendidikan  Jarak  )auh  pada  Tingkat Pendidikan  Tinggi



           dibandingkan dengan program  studi  pada lembaga pendidikan tinggi
           tatap  m uka.  Dengan  dem ikian,  peri u  ada  standar-standar  tertentu
           untuk  melakukan  pen i  Ia ian  kelayakan  sebuah  program  stud i  pad a
           lembaga pendidikan tinggi jarak jauh.
               Pelaksanaan  akreditasi  UT  agak  rumit  karena  standar  bakunya
           belum  ada.  Hal  ini  karena  UT  adalah  satu-satunya  lembaga
           pendidikan  negeri  yang  menyelenggarakan  pendidikannya  dengan
           sistem  jarak jauh di Indonesia.
               Standar  baku  UT  harus  didasarkan  pada  prinsip-prinsip
           penyelenggaraan  pendidikan  jarak  jauh  sebagaimana  lembaga
           sejenis  yang  ada  di  berbagai  negara.  Untuk  itu,  UT  menyusun
           kerangka  acuan  jaminan  kualitas  yang  dikembangkan  oleh  AAOU:
           Kerangka  acuan  ini  yang  akan  dijadikan  dasar  penilaian  kelayakan
           lembaga  pendidikan  tinggi  jarak  jauh.  Dengan  kerangka  acuan
           tersebut,  maka akreditasi  UT tidak  hanya dilakukan  oleh  BAN  tetapi
           dapat  dilakukan  oleh  lembaga  internasional  dari  organisasi
           penyelenggara   pendidikan   jarak   jauh   seperti   AAOU   dan
           International  Council!  for  Distance  Education  (!CO£).  ICDE  adalah
           organisasi  pendidikan  jarak  jauh  di  dunia  yang  berpusat  di
           Norwegia.   Sedangkan   AAOU     adalah   organisasi   lembaga
           penyelenggara  pendidikan  tinggi  jarak  jauh  untuk  tingkat  Asia.
            Kedua organisasi  ini  setiap tahun  menyelenggarakan konferensi yang
           diikuti  oleh  seluruh  anggota  dan  partisipan  lainnya.  ICDE
           beranggotakan  142  lembaga  penyelenggara  pendidikan  jarak  jauh.
           Sejak  tahun  1903  ICDE  mendirikan  ICDE  Standard  Agency  (ISA)
           yang bertugas melakukan pen i laian  kual itas  PTJJ.
               Untuk  menilai  kualitas  layanannya  lembaga  penyelenggara
           pendidikan  jarak  jauh  memiliki  lembaga/pusat  jaminan  kualitas.
           SukhothaiThamathirat Open  University,  Thailand  misalnya memiliki
            pusat  jaminan  kualitas  di  dalam  struktur  organisasinya.  Demikian
           pula  UT.  Sejak  tahun  2004  UT telah  membentuk  Pusat  Penjaminan
            Kualitas dalam  rangka  meningkatkan kualitas layanan  UT. 0


                                                                    99
   112   113   114   115   116   117   118   119   120   121   122