Page 113 - Buku Pedoman Pendidikan Jarak Jauh
P. 113

•   Pendidikan )arak )auh  pacta  Tingkat Pendidikan  Tinggi



            media,  baik  media  cetak  maupun  noncetak.  UKOU  banyak  bekerja
            sama  dengan  British  Broadcasting  Corporation  (BBC)  dalam
            produksi  dan  penyiaran  program  audiovisual  untuk  perkuliahan
            jarak jauh  (Zuhairi, 2005).
                Di  Indonesia,  sejak  berdiri  UT  telah  mengembangkan  bahan
            ajarnya  dengan  sistem  multi  media.  Bahan  ajar  UT  tidak  hanya
            dikembangkan  dengan  menggunakan  media  cetak,  tetapi  juga  non
            cetak  seperti  audio/video.  Di  samping  itu,  UT  juga  bekerja  sama
            dengan  TVRI,  kemudian  TPI  dan  kini  dengan  Quick  Channel  dan
            televisi  pendidikan  untuk  menayangkan  materi  perkuliahannya
            melalui  televisi.  UT  juga  bekerja  sama  dengan  RRI  dan  radio-radio
            lokal  dalam  rangka  pemberian  perkuliahan  melalui  radio.  Di
            samping  itu,  sebagian  bahan  ajar  UT  juga  disampaikan  melalui
            internet.  Melalui  internet,  mahasiswa  UT dapat  memperoleh  bahan
            ajar  suplemen  sebagai   pengayaan   materi  perkuliahan  yang
            disampaikan  melalui  media  cetak  dan  audio/video  (kini  juga dalam
            bentuk  CD/DVD).  Saat  ini  UT  sedang  mengembangkan  bahan  ajar
            lengkap  yang  dapat  diperoleh  oleh  mahasiswa  baik  melalui  CD
            maupun  internet.
                Pemanfaatan  media  teknologi  informasi  dan  komunikasi  dalam
            PTJJ  kini  telah  sampai  pada  generasi  kelima.  Dalam  perkembangan
            teknologi   informasi   dan   komunikasi   generasi   kelima   1n1,
            pembelajaran  dapat  disampaikan  melalui  Jarmgan   komputer
            (internet)  secara  interaktif.  Teknologi  ini  digL-Jnakan  oleh  UT  untuk
            mengembangkan  registrasi  online,  tutorial  online,  ujian  online
            (sedang disiapkan) dan  bimbingan belajar online.
                T untutan  pembangunan  yang  begitu  kuat  telah  mendorong
            perkembangan  ilmu pengetahuan, terutama  ilmu-ilmu terapan.  llmu-
            ilmu  tersebut  diperlukan  untuk  memenuhi  berbagai  tuntutan
            pembangunan.  Karena  perkembangan  pembangunan  berkembang
            begitu  pesat,  maka  orang  pun  sebagai  pelaksana  pembangunan




                                                                     95
   108   109   110   111   112   113   114   115   116   117   118